Di Depan Pj Gubernur DKI, PSI Tagih Laporan Pelaksanaan Formula E

ADVERTISEMENT

Di Depan Pj Gubernur DKI, PSI Tagih Laporan Pelaksanaan Formula E

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 09 Nov 2022 16:36 WIB
Sejumlah pebalap Formula E melakukan uji coba lintasan event Formula E seri kesembilan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Jumat (3/6). Dalam event Formula E ini, Pebalap Mitch Evans menjadi juara Jakarta E-Prix.  Selain itu ada beberapa sponsor yang hadir dalam event itu salah satunya adalah PT Paprika Multi Media yang merupakan  perusahaan bergerak di bidang penyedia jasa sistem Pembayaran serta Hotel Discovery Ancol menjadi pendukung dalam suksesnya ajang Formula E Jakarta 2022.
Formula E Jakarta (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

PSI menagih laporan pelaksanaan Formula E di depan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. PSI menilai Pemprov DKI masih memiliki tanggung jawab terkait laporan penyelenggaraan ajang balap mobil listrik itu.

"Masalah yang ingin kami angkat dan terus kami perjuangkan dari awal Fraksi PSI, adalah meminta kejelasan terkait pertanggungjawaban pelaksanaan Formula E," kata anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI, Idris Ahmad, saat menyampaikan pandangan terhadap Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Provinsi DKI Jakarta tahun 2023 di DPRD Jakarta, Rabu (9/12/2022).

"Walaupun memang kami paham ini bukan pada masa tanggung jawab Pj Gubernur. Tapi mengingat masih ada 2 tahun pelaksanaan yang harus dilaksanakan oleh Jakarta dan sudah ada uang Rp 560 miliar yang dibayarkan sebagai komitmen ini," imbuh Idris.

Dia pun meminta tanggapan dari Pemprov DKI soal laporan pelaksanaan Formula E. "Kami dari Fraksi PSI meminta pertanggungjawaban mengenai pelaksanaan, agar dapat kita ambil kebijakan seperti apa kelanjutan kegiatan ini, mohon tanggapan," tutur dia.

PSI menyampaikan Formula E diklaim memberikan dampak pertumbuhan ekonomi sebesar 0,1 persen atau sejumlah Rp 2,6 triliun, dan diklaim JakPro memperoleh keuntungan mencapai Rp 6 miliar. Meski demikian, PSI menyebut audit Formula E oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) belum selesai.

"Formula E telah berhasil terlaksana pada 4 Juni 2022 dan diklaim memberikan dampak ekonomi sebesar Rp 2,6 triliun atau memberikan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,1 persen," ujar Idris membacakan pandangan PSI.

"Pada rapat Badan Anggaran DPRD DKI pekan lalu, pihak JakPro menyampaikan bahwa Formula E 2022 meraup keuntungan sekitar Rp 6 miliar meskipun memang laporan keuangan Formula E 2022 belum rampung diaudit oleh BPK," tambah dia.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT