Sopir Odong-odong Maut yang Tewaskan 10 Orang di Serang Dituntut 12 Tahun Bui

ADVERTISEMENT

Sopir Odong-odong Maut yang Tewaskan 10 Orang di Serang Dituntut 12 Tahun Bui

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 15:56 WIB
Sopir Odong-odong Tertabrak Kereta di Serang Jadi Tersangka
Sopir odong-odong tertabrak kereta di Serang jadi tersangka. (Bahtiar/detikcom)
Serang -

Juli, seorang sopir yang mengakibatkan odong-odong tertabrak kereta hingga menewaskan 10 orang, dituntut 12 tahun penjara. Terdakwa juga dituntut pidana denda Rp 24 juta.

"Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa Juli berupa pidana penjara selama 12 tahun dikurangi selama Terdakwa ditahan dan pidana denda Rp 24 juta subsider tiga bulan kurungan," kata jaksa penuntut umum Selamet di Pengadilan Negeri Serang, Selasa (8/11/2022).

Oleh jaksa, terdakwa Juli dinilai bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana Pasal 311 ayat 1, 2, 3, 4, dan ayat 5 sebagaimana UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jaksa menilai terdakwa dengan sengaja mengemudikan kendaraan dengan cara membahayakan nyawa dan mengakibatkan orang lain meninggal dunia dan terluka.

"Hal yang memberatkan Terdakwa, akibat perbuatan Terdakwa, 10 orang meninggal dunia, 2 orang luka berat, dan 21 orang luka ringan," ujarnya.

Pertimbangan yang meringankan, terdakwa selama ini belum pernah dihukum. Selain itu, jaksa menilai terdakwa merasa bersalah dan menyesali perbuatannya. Dalam pertimbangan yang diuraikan jaksa, terdakwa telah dengan sengaja mengemudikan kendaraan jenis odong-odong berkapasitas 22 penumpang namun diisi oleh 33 penumpang.

Terdakwa juga dinilai jaksa memaksakan diri tetap melintas di perlintasan kereta api di Silebu, Kragilan, Kabupaten Serang, meski jarak dengan kereta sudah dekat. Saat kecelakaan itu, terdakwa sudah diperingatkan para penumpang tapi tidak dihiraukan.

"Sehingga keadaan tersebut membahayakan nyawa dan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, korban luka berat dan ringan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kejadian odong-odong maut terjadi pada Selasa (26/7) pukul 11.00 WIB di perlintasan tanpa palang pintu di Silebu. Sembilan orang tewas di tempat, sedangkan satu di rumah sakit. Kepolisian langsung menetapkan Juli (27) sebagai tersangka pada keesokan harinya setelah kejadian maut tersebut.

Simak juga 'Sederet Fakta Odong-odong Vs Kereta Tewaskan 9 Orang di Serang':

[Gambas:Video 20detik]



(bri/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT