Rano Karno ke Iwan Bule: Sudah Pernah Lihat Shayne Pattynama Main Bola?

ADVERTISEMENT

Rano Karno ke Iwan Bule: Sudah Pernah Lihat Shayne Pattynama Main Bola?

Silvia Ng - detikNews
Selasa, 08 Nov 2022 13:35 WIB
Jakarta -

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDIP Rano Karno mempertanyakan pengetahuan Ketum PSSI Mochammad Iriawan atau Iwan Bule terkait kemampuan atlet sepakbola Shayne Elian Jay Pattynama. Hal ini dipertanyakan oleh Rano karena Shayne pemain yang disetujui naturalisasi atas rekomendasi dari pelatih timnas Shin Tae Yong.

"Kalau mendengar Pattynama ini tidak diragukan lagi di Indonesia, itu penguatan yang utama, penguatan yang lain kan mekanisme," kata Rano dalam rapat kerja Komisi X DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

"Saya pernah dengar memang dan tadi Pak Iwan juga menyampaikan ini adalah rekomendasi pelatih Shin Tae Yong. Saya minta maaf, tapi apakah Pak Iwan sudah pernah melihat dia bermain?" sambungnya.

Rano mengingatkan agar proses naturalisasi ini berjalan sesuai dengan Statuta FIFA. Hal ini diingatkan agar permasalahan naturalisasi yang sebelumnya terjadi tak terulang kembali.

"Yang kedua, tolong ini kita sedang menghadapi suatu masalah yang nggak usah kita tutup-tutupi. Tolong dibaca tentang Statuta FIFA tentang naturalisasi, jangan sampai nanti salah lagi," ungkap Rano.

"Jangan sampai terjadi dulu baru kita saling menuduh-nuduh, gitu loh, Pak Sekjen. Nggak usah malu kita, ayo kita benahi, karena bola ini ditunggu, nggak bisa berlama-lama. Tapi memang kita nggak mau lihat lagi korban, termasuk juga Shayne ini, jangan sampai nanti jadi korban," imbuhnya.

Lebih lanjut, Rano menilai nama Shayne ini identik dengan Indonesia. Dia mengaku setuju dengan naturalisasi Shayne.

"Jadi artinya saya melihat kalau membaca namanya Pattynama ini memang Indonesia, harusnya kita bangga ada nama ini di Eropa. Nah, ini menjadi kejutan juga kalau Shayne ini mau menjadi WNI dengan kompetisi bola yang seperti ini," kata Rano.

Komisi X DPR RI sebelumnya menggelar rapat kerja bersama Menpora Zainudin Amali dan Ketum PSSI Muhammad Iriawan atau Iwan Bule terkait naturalisasi Shayne Elian Jay Pattynama. Dalam kesempatan itu, Komisi X DPR menyetujui Shayne mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Keputusan itu diambil setelah seluruh fraksi menyampaikan pandangan terkait pemberian kewarganegaraan terhadap atlet sepakbola Shayne Elian Jay Pattynama. Shayne menghadiri rapat secara virtual.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI menyampaikan kesimpulan setelah seluruh fraksi memberi pandangannya. Dia menyebut naturalisasi atas nama Shayne Elian Jay Pattynama disetujui.

"Komisi X DPR RI memutuskan menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Shayne Elian Jay Pattynama dengan catatan bahwa Kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian saat rapat kerja di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (8/11).

(rfs/rfs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT