KKB Papua Bunuh Warga karena Permintaan Paksa soal Wanita Ditolak

ADVERTISEMENT

KKB Papua Bunuh Warga karena Permintaan Paksa soal Wanita Ditolak

Jonh Roy Purba - detikNews
Senin, 07 Nov 2022 16:14 WIB
KKB menyerang pekerja tambang di Awimbon, Pegunungan Bintang, Papua.
KKB menyerang pekerja tambang di Awimbon, Pegunungan Bintang, Papua. (dok. istimewa)
Pegunungan Bintang -

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Bocor Sobolim menyerang dan membunuh warga pekerja tambang di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Bocor Sobolim dan anak buahnya menyerang warga karena tidak diberi wanita dan upeti.

"Dia ingin mengambil perempuan di kamp itu (lokasi tambang) dan apabila tidak dikasih dia mengancam akan menyerang," ujar Danrem 172/PWY Brigjen TNI Juinta Omboh Sembiring dalam keterangannya, seperti dilansir detikSulsel, Senin (7/11/2022).

Karena penolakan itu, Bocor dan anak buahnya akhirnya membakar dan menyerang warga di kamp pekerja tambang ilegal di Kampung Kawe pada Sabtu (5/11) lalu.

"Akhirnya penyerangan dia lakukan karena para penambang tidak mau memberikan perempuan yang ingin dijadikan istrinya. Atas kejadian itu kamp dibakar dan 1 penambang meninggal," ungkap Junita.

Sebelumnya, KKB pimpinan Bocor Sobolim menyerang dan membakar kamp pekerja tambang di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang. Akibat serangan tersebut, satu orang pekerja tambang tewas dengan tangan putus.

"Ya ada penyerangan terhadap camp lokasi Mining 81 Kampung Kawe. Kejadian itu mengakibatkan 1 orang atas nama Romlo Adlus Tuenoa (29) meninggal," kata Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito kepada detikcom, Minggu (6/11).

Baca selengkapnya di sini

Lihat juga Video: Keluarga Korban Mutilasi di Papua Sampaikan Penolakan Label KKB

[Gambas:Video 20detik]




(idh/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT