KKB Penyerang Pekerja Tambang di Papua Dipimpin Bocor Sobolim

ADVERTISEMENT

KKB Penyerang Pekerja Tambang di Papua Dipimpin Bocor Sobolim

John Roy Purba - detikNews
Senin, 07 Nov 2022 15:53 WIB
KKB menyerang pekerja tambang di Awimbon, Pegunungan Bintang, Papua.
KKB menyerang pekerja tambang di Papua. (Foto: dok. Istimewa)
Papua -

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang pekerja tambang di Kampung Kawe, Distrik Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, hingga menyebabkan satu orang tewas. KKB yang melakukan serangan itu diduga dipimpin Bocor Sobolim.

"Apa yang dilakukan Bocor Sobolim itu biadab, dia menyerang masyarakat yang tidak bersenjata. Dia menyerang masyarakat sipil, membantai masyarakat sipil dan itu adalah tindakan biadab," ujar Danrem 172/PWY Brigjen TNI Junita Omboh Sembiring dalam keterangannya seperti dilansir detikSulsel, Senin (7/11/2022).

Junita mengatakan penyerangan terjadi di Kampung Kawe yang merupakan kawasan tambang ilegal dan banyak terdapat warga sipil. Dia mengatakan akses ke lokasi juga sulit untuk dijangkau kendaraan.

"Akses ke sana sulit harus naik helikopter," katanya.

Selain itu, tidak ada pos polisi dan pos TNI di lokasi tersebut. Junita meminta Pemkab Pegunungan Bintang menghentikan aktivitas tambang ilegal di lokasi tersebut agar tak ada korban lagi.

"Saat ini TNI tengah berkoordinasi dengan aparat kepolisian karena saya tidak punya pos TNI di sana, bahkan Polri juga tidak ada," jelasnya.

Simak selengkapnya di sini.

(haf/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT