Maling SD di Ciampea Bikin Sekolah Terganggu, Semua Kelas Sempat Terkunci

ADVERTISEMENT

Maling SD di Ciampea Bikin Sekolah Terganggu, Semua Kelas Sempat Terkunci

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 02 Nov 2022 18:12 WIB
Sindikat maling TOM 2019 Gangster diburu polisi. Sebelum mencuri barang-barang di SD, para pelaku membutakan CCTV. (dok Istimewa)
Sindikat maling 'TOM 2019 Gangster' diburu polisi. Sebelum mencuri barang-barang di SD, para pelaku 'membutakan' CCTV. (dok Istimewa)
Bogor -

Kepala SDN 4 Cihideung Ilir, Rohaeti, mengungkap kegiatan belajar mengajar (KBM) sempat terganggu imbas pencurian yang menyisakan coretan 'TOM 2019 GANGSTER' di sekolah. Para siswa sempat dipulangkan di hari pertama kejadian.

"Waktu hari pertama aja, ambil keputusan sudahlah anak hari Senin (31/10) dipulangkan, dikasih tugas di rumah. Karena kondisinya juga ramai banyak tamu dan sebagainya," kata Rohaeti saat dihubungi detikcom, Rabu (2/11/2022).

Saat itu kondisi sekolah sudah tidak kondusif. Salah satunya akibat pintu kelas yang tidak bisa terbuka karena kunci kelas diduga dibawa pelaku.

"Memang situasi di sekolah kacau ya panik semua lihat kondisi kantor. Terus kunci kelas semua kayaknya dibawa semua sama dia. Jadi kelas tuh terkunci semuanya," paparnya.

Namun kini kegiatan belajar mengajar telah berjalan normal. Kegiatan belajar mengajar normal sejak kemarin.

"Udah, kemarin juga udah belajar seperti biasa," ungkapnya.

CCTV 'Dibutakan'

Pelaku terlihat mengenakan masker, penutup kepala, dan sarung tangan. Begitu pelaku masuk ke area sekolah, mereka langsung mengincar CCTV agar tak dapat merekam aktivitas mereka.

"Jadi begitu masuk mereka langsung cabut semuanya (CCTV), ya udah putus semua kita nggak bisa lihat apa-apa lagi. Di servernya itu yang dicabut," tuturnya.

Upaya 'membutakan' CCTV tak sampai di situ. Setelah mencabut kabel CCTV, pelaku menyiram kamera dengan tinta. Setelah itu, mereka mengacak-acak kelas.

"Kalau kameranya dia semprotin pakai tinta semua. Terus kelas ada dua yang diacak-acak sama dia," bebernya.

Seperti diketahui, aksi video pencurian di salah satu SD di Kawasan Ciampea, Kabupaten Bogor, diduga oleh gangster itu terekam kamera CCTV. Tulisan 'TOM 2019 GANGSTER' di lantai ruangan tersebut terlihat menggunakan cat berwarna ungu. Kondisi ruangan di terlihat berantakan seperti usai diacak-acak.

Kapolsek Ciampea Kompol Beben Susanto mengatakan pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut. Termasuk apakah pelakunya adalah anggota gangster atau bukan.

"Belum bisa memastikan. Soalnya kan belum ketangkap. Tapi tetap kita selidiki (pelakunya). Lengkapnya nanti ke Humas ya," kata Beben saat dihubungi detikcom, Senin (31/10).

Simak juga 'Sopir Panik Diteriaki Maling, Mobil Terguling di Sungai':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT