Haris Azhar Ingin Kepastian Hukum Kasus Lord Luhut, Tak Mau 'Digantung'

ADVERTISEMENT

Haris Azhar Ingin Kepastian Hukum Kasus Lord Luhut, Tak Mau 'Digantung'

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 01 Nov 2022 13:28 WIB
Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti memenuhi panggilan Polda Metro Jaya. Mereka diperiksa dalam kasus pencemaran nama baik Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.
Haris Azhar (A. Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Haris Azhar telah menjalani pemeriksaan terkait pencemaran nama baik Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya hari ini. Haris mengaku tak ingin status hukum dirinya digantung.

Seperti diketahui, Haris dan rekannya, Fatia Maulidiyanti, ditetapkan sebagai tersangka. Kasus ini bermula ketika Haris dan Fatia mengaitkan nama Luhut dengan perusahaan bisnis tambang di Papua.

"Kalau saya sama Fatia, sejauh ini kami berdua dan juga banyak teman-teman kita nggak mau banyak digantungkan," kata Haris kepada wartawan seusai pemeriksaan, Selasa (1/11/2022).

Haris ingin segera mendapatkan kepastian hukum. Ia menegaskan, dirinya bersama Fatia berpegang pada ucapannya soal Luhut.

"Kalau emang mau diberhentikan, berhentikan. Kalau mau penjarain kita, silakan. Tapi kita akan tetep dengan posisi kita," ucapnya.

"Kita bukan nggak sengaja, kita bukan ngigau. Kita memang, (punya) rekam jejak advokasi di bidang HAM saya dan Fatia sudah banyak," imbuh dia.

Kembali ke soal pemeriksaan, Haris mengaku ada empat pertanyaan yang dinilainya penting. Selebihnya, penyidik menanyakan hal yang sama, dan menanyakan dua hal yang tujuannya pendalaman.

"Yang penting sih cuma 4 (pertanyaan) yang substansi. Ada 1 yang pengulangan. Ada 2 kayaknya yang soal pendalaman keterangan aja," ungkapnya.

Selain itu, Haris ditanyakan seputar barang bukti kasus tersebut. "Tambahan keterangan dan juga soal barang bukti kalau yang ditanyakan ke saya, Fatia kan belum," paparnya.

Sebelumnya, Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti, yang telah berstatus tersangka kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, akan diperiksa hari ini. Pemeriksaan itu merupakan pemeriksaan tambahan yang dilakukan Polda Metro Jaya.

"Iya betul hari ini ada pemeriksaan tambahan terhadap yang bersangkutan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi.

Terpisah, Fatia mengatakan dia akan memastikan hadir dalam pemeriksaan tersebut. "Iya (dipastikan hadir)," kata Fatia singkat.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT