Anies Harap Gerakan #DemiIndonesia Jadi Inspirasi Generasi Muda

ADVERTISEMENT

#DemiIndonesia

Anies Harap Gerakan #DemiIndonesia Jadi Inspirasi Generasi Muda

Anggi Muliawati, Wildan Noviansah, Silvia Ng - detikNews
Sabtu, 29 Okt 2022 22:23 WIB
Jakarta -

Anies Baswedan mengapresiasi acara gerakan #DemiIndonesia. Menurutnya, acara ini menjadi ruang bertukar gagasan.

"Pertama, saya ingin sampaikan terima kasih kepada teman-teman detikcom ya yang buat acara #DemiIndonesia," kata Anies usai menjadi salah satu pembicara dalam acara #DemiIndonesia yang digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Sabtu (29/10/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap para isi acara ini menjadi sumber inspirasi para peserta #DemiIndonesia.

"Mudah-mudahan ini menjadi kesempatan untuk ada tukar pikiran, ada interaksi yang menghasilkan inspirasi baru teman-teman generasi muda," katanya.

Anies kembali bicara soal hikmah Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober. Dia ingin momen Sumpah Pemuda menjadi batu pijakan bangsa Indonesia menghadapi tantangan masa depan.

"Jadi memperingati 28 Oktober 1928 bukan semata-mata menengok ke masa lalu, tapi justru menengok ke masa depan. Itu saya rasa yang menarik dari acara ini," katanya.

Anies Bicara Hikmah Sumpah Pemuda

Anies bicara soal hikmah Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober. Anies menjelaskan soal proses pembentukan Indonesia sebagai negara setelah semua bangsa di Nusantara menyatakan bersatu usai ada momen Sumpah Pemuda.

Dia mengatakan momen Sumpah Pemuda menjadi fondasi dari terbentuknya Indonesia sebagai negara kesatuan.

"(Sumpah Pemuda) Ini pondasi tahun '28, (itu poin ke) satu. Yang kedua, tahun '45, kita jadi satu negara. Sebelumnya belum ada negara, kita hanya mengatakan satu bangsa," kata Anies dalam acara #DemiIndonesia.

Dia mengatakan Indonesia menjadi satu-satunya bangsa di dunia yang berhasil menyepakati bahasa bersama sebelum adanya negara.

Acara #DemiIndonesia bersama GoTo ini dipersembahkan oleh detikcom dan didukung oleh J99 Corp & PLN.

(jbr/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT