KPK Panggil Lagi Ketua DPRD Sulsel di Kasus Suap Laporan Keuangan PUTR

ADVERTISEMENT

KPK Panggil Lagi Ketua DPRD Sulsel di Kasus Suap Laporan Keuangan PUTR

M Hanafi Aryan - detikNews
Jumat, 21 Okt 2022 10:34 WIB
Kepanjangan KPK hingga Tugas-tugas Lembaga Antikorupsi Itu
Foto: Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK kembali memanggil Ketua DPRD provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Ina Kartika Sari. Ini merupakan panggilan kedua Ina Kartika untuk menjadi saksi dalam kasus suap pemeriksaan laporan keuangan daerah di lingkungan dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel.

Plt Juru Bicara bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding menyebut Ina Kartika Sari diperiksa dengan kapasitasnya sebagai saksi untuk Sekretaris Dinas PUTR Edy Rahmat (ER) yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Ina dijadwalkan diperiksa pada Jumat (21/10) di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

"Hari ini (21/10) pemeriksaan saksi tindak pidana korupsi terkait pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2020 pada dinas pekerjaan umum dan tata ruang (PUTR) untuk tersangka ER," kata Plt Jubir bidang Pencegahan KPK Ipi Maryati Kuding kepada wartawan, Jumat (21/10/2022).

Selain Ina Kartika Sari, Ipi juga menyebut seorang anggota pimpinan DPRD Sulsel lainnya, yakni Ni'matullah turut diperiksa jadi saksi di kasus ini. Namun, Ipi belum menjelaskan terkait apa keduanya diperiksa.

Diberitakan sebelumnya, KPK pada Kamis (13/10) lalu memanggil Ina Kartika Sari di kasus ini. Namun, saat itu Ina belum memenuhi panggilan tersebut.

Dilansir dari detikSulel, Ina Kartika Sari mengaku tidak menerima surat panggilan KPK saat itu. Dia mengaku sudah pindah ke rumah dinasnya.

"Undangannya (surat panggilan) dibawa ke rumah saya. Saya kan sekarang di rumah jabatan. Jadi tidak sampai undangannya. Tidak tahu saya," ungkapnya kepada detikSulsel, Jumat (14/10/2022).

Selain karena surat panggilan yang belum diterima, Andi Ina menyebut pada waktu bersamaan untuk pemeriksaan, dia ada kegiatan yang sudah teragendakan jauh hari sebelumnya. Andi Ina mengatakan saat ini dirinya sedang berada di Jakarta. Menurut sepengetahuannya, pemanggilan ini terkait kasus audit laporan keuangan di Sulsel pada tahun 2020 yang saat dia memang sudah menjabat sebagai Ketua DPRD Sulsel.

"Karena saya sudah teragendakan jadwalnya. Sekarang saya ada di Jakarta. Ada kegiatan DPRD juga," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT