TPA Cipayung Depok Sempat Banjir, Sampah Hanyut Hingga ke Jalan

ADVERTISEMENT

TPA Cipayung Depok Sempat Banjir, Sampah Hanyut Hingga ke Jalan

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 20 Okt 2022 23:49 WIB
TPA Cipayung Depok banjir
Banjir di TPA Cipayung Depok (Foto: Tangkapan layar video viral)
Depok -

Tempat Pembuangan Akhir atau TPA Cipayung, Depok sempat banjir dan gunungan sampah longsor. Ketinggian air mencapai 30 centimeter.

Dalam video yang dilihat detikcom, Kamis (20/10/2022), nampak sampah tergenang di permukaan banjir. Banjir nampak berada di area TPA.

Sementara itu, banjir juga terjadi di jalan sekitar area TPA Cipayung. Sampah-sampah terbawa ke jalan yang tergenang karena tersapu banjir.

Kepala UPT TPA Cipayung, Ardan Kurniawan, mengatakan banjir di TPA Cipayung terjadi pada Rabu (19/10) sekitar pukul 14.00-15.00 WIB.

"Betul (kemarin) nggak lama, jam 14.00 WIB, pertama karena intensitasnya tinggi, ditambah sudah overload," papar Ardan saat dihubungi, Kamis (20/10/2022).

Ardan menyebut banjir terjadi hanya beberapa saat. Kondisi TPA Cipayung kemudian sudah bisa menampung sampah seperti biasa.

"Awalnya pertama intensitas hujannya tinggi, ternyata bukan TPA aja di Arif Rahman Hakim pun banjir, ditambah sudah overload. Tapi sekarang yang longsor bukan di titik yang dulu, sudah aman," kata Ardan.

Keadaan itu diperparah dengan saluran air yang tersumbat. Petugas kemudian mengurai sampah dari sore hingga malam hari untuk menaikkan ke atas kembali.

"Antisipasi supaya tidak terulang ya pastinya khawatir masih ada titik-titik yang rawan, yang longsor, kita alihkan ke titik-titik yang lebih rendah lah, lebih amanlah," ungkapnya.

Banjir tersebut tidak sampai memasuki kawasan permukiman warga. Banjir diperkirakan setinggi betis orang dewasa.

(lir/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT