Anies Resmikan Halte Bundaran HI Meski Belum Rampung Direvitalisasi

ADVERTISEMENT

Anies Resmikan Halte Bundaran HI Meski Belum Rampung Direvitalisasi

Silvia Ng - detikNews
Sabtu, 15 Okt 2022 20:26 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat resmikan Halte TranJakarta Bundaran HI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meresmikan Halte TranJakarta Bundaran HI. (Silvia Ng/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Halte TransJakarta Bundaran HI, Jakarta Pusat. Dia mengatakan halte ini secara resmi beroperasi mulai hari ini.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (15/10/2022), halte itu tampak belum rampung direvitalisasi. Dari arah masuknya halte, terlihat sebagian area yang ditutup karena belum rampung.

Terlihat juga sejumlah besi penyangga konstruksi dan terpal putih yang menutupi sebagian area halte yang belum rampung. Meski sebelum diresmikan lantai dua ditutup, kini lantai dua sudah dibuka untuk umum.

Anies didampingi Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, jajaran BUMD DKI Jakarta, jajaran PT Transportasi Jakarta (TransJakarta). Istri Anies, Fery Farhati, serta anak mereka, Mutiara Baswedan, juga tampak hadir.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Sabtu, 15 Oktober 2022, Halte TransJakarta secara resmi dinyatakan digunakan," kata Anies di Halte Bundaran HI.

Anies mengatakan Halte Bundaran HI ini memiliki berbagai keunikan, salah satunya adalah area anjungan yang berada di lantai dua halte. Dia menyebut bahwa halte yang berada persis di depan Patung Selamat Datang ini mengusung konsep kesetaraan agar monumen bersejarah itu dapat dinikmati dari ketinggian oleh siapa saja.

Revitaliasi Halte Bundaran HI masih dikerjakan meski sudah diresmikan oleh Gubernur Anies BaswedanRevitaliasi Halte Bundaran HI masih dikerjakan meski sudah diresmikan oleh Gubernur Anies Baswedan Foto: Silvia Ng/detikcom

"Kami ingin agar kawasan Bundaran HI ini bisa dinikmati dari ketinggian oleh siapa saja, bukan hanya mereka yang makmur di hotel di restoran yang amat megah, tapi juga di fasilitas yang dimiliki oleh Pemprov DKI Jakarta, yang dimiliki oleh rakyat," tutur Anies.

Dia mengatakan prinsip kesetaraan ini diwujudkan dalam bentuk karya. Dia berharap agar keindahan Patung Selamat Datang dari ketinggian ini dapat dinikmati oleh siapa pun dari berbagai kalangan sosial dan ekonomi.

"Itu prinsip kesetaraan yang diwujudkan dalam bentuk karya. Inilah sebuah tempat di mana perasaan kesetaraan dihadirkan. Saya ingin sekali, ketika warga Jakarta itu ketika sampai pada fasilitas baik, yang indah, mereka bisa menikmati sama dengan mereka yang secara sosial ekonomi berkemampuan," kata Anies.

Rampung Akhir Oktober 2022

Direktur Utama PT TransJakarta Yana Aditya mengatakan halte ini merupakan salah satu dari empat halte ikonik yang dibangun oleh pihaknya secara bersamaan. Dia memperkirakan Halte Bundaran HI ini bakal selesai direvitalisasi pada akhir Oktober 2022.

"Halte Bundaran HI adalah bagian dari empat halte ikonik yang kita bangun secara bersamaan dan insyaallah pada akhir Oktober 2022 ini akan selesai," kata Yana.

Halte Bundaran HI ini diketahui bakal dilengkapi dengan berbagai fasilitas, yakni area komersial, toilet, musala, lift prioritas, hingga area anjungan untuk menikmati pemandangan Patung Selamat Datang dari lantai atas.

(aik/aik)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT