Tunangan Saya Mau Batalkan Pernikahan, Apakah Bisa Saya Gugat?

ADVERTISEMENT

detik's Advocate

Tunangan Saya Mau Batalkan Pernikahan, Apakah Bisa Saya Gugat?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Okt 2022 08:57 WIB
Ilustrasi nikah siri
Foto: Istock
Jakarta -

Detik-detik menuju pernikahan membuat harap-harap cemas, khususnya keluarga dan mempelai. Bisa karena faktor alam yang dikhawatirkan membuat pesta sepi, atau jangan-jangan pasangan kabur di hari H.

Hal itu menjadi pertanyaan pembaca detik's Advocate. Berikut pertanyaannya:

Hai detikcom

Kami sudah tunangan pertengahan tahun ini dan rencana menikah tahun depan. Tapi tiba-tiba tunangan saya mau mutusin dan membatalkan rencana pernikahan.

Di sisi lain, persiapan sudah matang. Seperti memesan hotel dengan biaya dari keluarga kami. Keluarga kami malu.

Apakah bisa saya gugat tunangan saya?
Putri
Surabaya

Pembaca detikcom juga bisa menanyakan hal serupa dan dikirim ke email: redaksi@detik.com dan di-cc ke andi.saputra@detik.com

JAWABAN:

Prinsipnya, tunangan atau janji kawin tidak bisa digugat bila janji itu tidak dipenuhi/terlaksana. Hal itu sesuai Pasal 58 ayat (1) KUHPerdata yaitu janji kawin tidak menimbulkan hak untuk menuntut. Janji kawin juga tidak menimbulkan hak untuk menuntut penggantian biaya, kerugian dan bunga.

Namun, apabila janji kawin/tunangan itu sudah diumumkan serta salah satu pihak sudah mengeluarkan materi, maka muncullah kerugian perdata. Atas kerugian ini bisa dimintai ganti rugi. Hal itu sesuai Pasal 58 ayat (2) KUHPerdata, yaitu jika pemberitahuan kawin ini telah diikuti oleh suatu pengumuman, maka hal itu dapat menjadi dasar untuk menuntut penggantian biaya, kerugian dan bunga berdasarkan kerugian-kerugian yang nyata diderita oleh satu pihak atas barang-barangnya sebagai akibat dan penolakan pihak yang lain.

Dalam gugatan ini, ditegaskan tidak boleh diperhitungkan soal kehilangan keuntungan. Berikut adalah bunyi keseluruhan dari Pasal 58 KUHPerdata:

Janji kawin tidak menimbulkan hak untuk menuntut di muka Hakim berlangsungnya perkawinan, juga tidak menimbulkan hak untuk menuntut penggantian biaya, kerugian dan bunga, akibat tidak dipenuhinya janji itu, semua persetujuan untuk ganti rugi dalam hal ini adalah batal.

Akan tetapi, jika pemberitahuan kawin ini telah diikuti oleh suatu pengumuman, maka hal itu dapat menjadi dasar untuk menuntut penggantian biaya, kerugian dan bunga berdasarkan kerugian-kerugian yang nyata diderita oleh satu pihak atas barang-barangnya sebagai akibat dan penolakan pihak yang lain; dalam pada itu tak boleh diperhitungkan soal kehilangan keuntungan. Tuntutan ini lewat waktu dengan lampaunya waktu delapan belas bulan, terhitung dari pengumuman perkawinan itu

Kapan Kedaluwarsa Menggugat?

Gugatan ini bisa diajukan maksimal 18 bulan sejak pengumuman perkawinan itu dibatalkan.

Ke Mana Menggugat?

Anda bisa menggugat ke Pengadilan Negeri setempat. Dari cerita singkat Anda, maka anda bisa meminta ganti uang biaya hotel ke pasangan anda. Sertakan bukti yang kuat. Untuk lebih menguatkan, lebih baik memakai advokat agar konstruksi hukumnya bisa meyakinkan majelis hakim.

Demikian jawaban dari kami.
Terima kasih

Wasalam

Tim Pengasuh detik's Advocate

detik's advocate

Tentang detik's Advocate

detik's Advocate adalah rubrik di detikcom berupa tanya-jawab dan konsultasi hukum dari pembaca detikcom. Semua pertanyaan akan dijawab dan dikupas tuntas oleh para pakar di bidangnya.

Pembaca boleh bertanya semua hal tentang hukum, baik masalah pidana, perdata, keluarga, hubungan dengan kekasih, UU Informasi dan Teknologi Elektronik (ITE), hukum merekam hubungan badan (UU Pornografi), hukum waris, perlindungan konsumen dan lain-lain.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

Pertanyaan dan masalah hukum/pertanyaan seputar hukum di atas, bisa dikirim ke kami ya di email: redaksi@detik.com dan di-cc ke-email: andi.saputra@detik.com

Semua jawaban di rubrik ini bersifat informatif belaka dan bukan bagian dari legal opinion yang bisa dijadikan alat bukti di pengadilan serta tidak bisa digugat.

(asp/asp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT