Karya Anies 5 Tahun Ini: Dari JIS, Sumur Resapan, sampai Ubah Nama Jalan

ADVERTISEMENT

5 Tahun Anies

Karya Anies 5 Tahun Ini: Dari JIS, Sumur Resapan, sampai Ubah Nama Jalan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 12 Okt 2022 09:06 WIB
Gubernur Anies Baswedan pimpin upacara HUT Jakarta ke-495
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Purnatugas Anies Baswedan sebagai Gubernur Jakarta tinggal menghitung hari. Berikut adalah karya pencapaian Anies selama lima tahun menjabat.

Karya-karya pemerintahan Anies terentang dari pembangunan sumur resapan hingga kebijakan soal reklamasi. Di antaranya, ada karya-karya Anies yang menyedot kontroversi.

Berikut adalah deretan capaian karya Anies selama menjabat sebagai Gubernur Jakarta:

1. JIS

Anies telah membangun Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dia membanggakan stadion ini sebagai stadion beratap penuh terbesar di Asia-Pasifik. JIS dibangun dengan APBD Rp 4,5 triliun. Atapnya bisa dibuka tutup, kapasitasnya 82 ribu penonton.

"Stadion ini diharapkan memberikan masa depan yang cerah, sekaligus menjadi bagian dari perjalanan penting sejarah bangsa Indonesia," kata Anies saat membeberkan capaian Pemprov DKI Jakarta selama 2017-2022, Minggu (9/10/2022).

Sholat Idul Adha di JIS akan dilaksanakan besok, Minggu (10/7/2022). Jakarta International Stadium (JIS) adalah stadion baru yang berlokasi di Jakarta Utara.Pelaksanaan salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS). Stadion ini adalah stadion baru yang berlokasi di Jakarta Utara. (Foto: Instagram/@pakindro)

2. Formula E

Gelaran Formula E menjadi acara monumental di era Gubernur Anies Baswedan. Meski menimbulkan pro-kontra di kalangan politikus, balapan mobil listrik itu digelar di Ancol, Jakarta Utara, 3 dan 4 Juni 2022.

Pembangunan sirkuit Formula E di Ancol menggunakan anggaran Rp 60 miliar. Anies menyatakan gelaran Jakarta E-Prix adalah yang tersukses selama gelaran balapan itu dalam sewindu. "Kegiatan Formula E yang kemarin juga memberikan dampak ekonomi yang sangat signifikan. Studi dilakukan oleh INDEF menunjukkan dampak ekonomi mencapai Rp 2,6 triliun," kata Anies di Balai Kota Jakarta, 24 Juni lalu.

Momen Jokowi Tinjau Sirkuit Formula EMomen Jokowi meninjau sirkuit Formula E(Laily Rachev/Biro Setpres)

Mitch Evans tampil sebagai pemenang Formula E Jakarta 2022. Yuk lihat lagi aksi-aksi pebalap tersebut hingga menjadi juara Formula E.Mitch Evans tampil sebagai pemenang Formula E Jakarta 2022. (Pradita Utama/detikcom)

3. Jalur sepeda

Pembangunan jalur sepeda digencarkan di era Anies. Dia menargetkan tersedianya 535,68 km jalur sepeda pada 2026 di kota ini, sebagaimana Peraturan Gubernur yang dia teken pada 10 Juni 2022, yakni Pergub Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) DKI Jakarta Tahun 2023-2026.

31 Agustus lalu, Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo menyatakan Jakarta sudah punya 114,5 km jalur sepeda dan akan tambah 195 km lagi. Terakhir, 21 September lalu, Anies bilang Jakarta sudah punya 103 jalur sepeda. Bentuk jalur sepeda ada yang berupa aspal bercat hijau, bercat garis pembatas putih, ada pula jalur sepeda yang dibatasi oleh pot seperti di sepanjang Jl Jenderal Sudirman.

Komisi III DPR RI meminta Kapolri tegas mengevaluasi keberadaan jalur sepeda Sudirman-Thamrin. Jalur itu diminta dibongkar dan dipakai bersama-sama para pengguna jalan dengan risiko ditanggung sendiri-sendiri.Jalur sepeda (Rengga Sancaya/detikcom)

Pemprov DKI Jakarta tengah merevitalisasi jalur kolong Semanggi. Salah satu yang dibangun dalam revitalisasi kali ini ialah terowongan untuk pesepeda.Jalur sepeda (Andhika Prasetia/detikcom)

4. JakLingko

Karya Anies berkenaan dengan mobilitas di Jakarta adalah integrasi transportasi. Dia membanggakan Tarif Integrasi Transportasi JakLingko. Warga dapat menggunakan kartu uang elektronik atau aplikasi JakLingko untuk bertransaksi di seluruh moda, setelah sebelumnya butuh kartu-kartu berbeda untuk mengakses transportasi yang berbeda. Tarif JakLingko maksimal Rp 10 ribu ke mana saja.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menobatkan Anies sebagai Bapak Integrasi Transportasi Jakarta. "Tadi saya terkejut mendapatkan award integrasi," ujar Anies menanggap dalam peluncuran tarif integrasi JakLingko di Stasiun MRT Asean, Jakarta Selatan, Jumat (7/10) kemarin.

Selanjutnya, sumur resapan:

Lihat juga Video: PDIP Sindir Parpol Koalisi yang Capreskan Anies, NasDem Menjawab

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT