MUI Undang Airlangga buat Bahas Kondisi Ekonomi Indonesia Terkini

ADVERTISEMENT

MUI Undang Airlangga buat Bahas Kondisi Ekonomi Indonesia Terkini

Jihaan Khoirunnisa - detikNews
Selasa, 11 Okt 2022 16:44 WIB
Airlangga di Kantor MUI
Foto: Kemenko Bidang Perekonomian
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengunjungi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jalan Proklamasi 51, Jakarta. Kedatangannya dalam rangka memenuhi undangan Majelis Ulama Indonesia, sekaligus untuk membahas kondisi perekonomian global terkini.

Airlangga tiba di kantor MUI siang ini pukul 12.00 WIB. Ia langsung disambut oleh para pimpinan Majelis Ulama Indonesia di Aula Buya Hamka MUI.

Pada kesempatan tersebut, Airlangga mengungkapkan dunia saat ini tengah dihadapkan pada The Perfect Storm atau 5C. Yakni COVID-19, Conflict, Climate Change, Commodity Prices, dan Cost of Living.

Dalam menghadapi tantangan dan ketidakpastian global yang semakin kompleks, ia pun menekankan pentingnya persatuan dan kolaborasi.

"Persatuan adalah komoditas yang langka dan fundamental. Persatuan dapat menguatkan Bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan dari berbagai sisi sebagaimana yang sudah dilalui pada awal masa pandemi COVID-19 silam. Salah satu elemen kunci persatuan ini ialah para ulama," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (11/10/2022).

Di samping itu, Airlangga juga mengemukakan pandangannya terkait perekonomian nasional. Menurutnya, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang berperan penting dalam masa pemulihan ekonomi nasional. Diketahui, kontribusi UMKM terhadap PDB nasional mencapai mencapai 61%. Selain itu, UMKM juga menyerap 97% dari total tenaga kerja di Indonesia.

"Pemerintah melalui Kemenko Perekonomian RI dan KPC-PEN telah memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa bunga kepada 10 juta usaha mikro dan ultra mikro. Sementara untuk usaha kecil diberikan kredit bersubsidi dengan bunga hanya 3%. Pada 2023 mendatang, pemerintah akan menaikkan jumlah kredit rakyat hingga Rp 460 triliun, terutama untuk bidang pertanian," tuturnya.

Di sisi lain, Airlangga mendorong peran serta Majelis Ulama Indonesia (MUI), khususnya dalam upaya meningkatkan pertumbuhan UMKM. Salah satunya melalui kemudahan sertifikasi halal MUI.

"UMKM kita hari ini masih memerlukan dukungan sertifikasi halal selain usaha dengan skala lebih besar lainnya," tuturnya.

Sementara itu, Dewan Pengawas MUI KH Zaitun Rasmin menyambut baik kedatangan Airlangga.

"Kami berterima kasih sekali Pak Menko berkenan hadir disini. Padahal awalnya kami yang ingin silaturahmi untuk mendapatkan update terkini terkait kondisi perekonomian. Eh malah Pak Menko yang hadir sambil menikmati makanan nasi kotak. Kami apresiasi sekali," ujarnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum MUI, Anwar Abbas mengatakan pihaknya setuju dengan pandangan Airlangga soal upaya mendorong pertumbuhan UMKM. Anwar pun meminta agar pemerintah lebih memperhatikan usaha mikro dan ultra mikro yang jumlahnya sangat besar.

[Gambas:Youtube]



(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT