Cak Imin: Gerindra dan PKB Akan Deklarasi Capres-Cawapres dalam Waktu Dekat

ADVERTISEMENT

Cak Imin: Gerindra dan PKB Akan Deklarasi Capres-Cawapres dalam Waktu Dekat

Dwi Rahmawati - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 21:19 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Gerindra dan PKB sudah deklarasi untuk bekerja sama di Pemilu 2024 sejak beberapa waktu lalu. Kerja sama itu akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat.

"Kita sudah berkoalisi dengan Gerindra, sudah menandatangani kontrak kerja sama dan insyaallah akan segera ditindaklanjuti," kata Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Gelanggang Olahraga, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (7/10/2022).

Cak Imin mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya bakal mendeklarasikan calon presiden dan wakil presiden. Deklarasi itu paling lama akhir bulan nanti.

"Dalam waktu dekat paling lama akhir bulan," katanya.

Cak Imin belum membeberkan siapa sosok capres dan cawapres dari koalisinya bersama Gerindra. Dia meminta tunggu pengumuman nanti.

"Ya insyaallah, kita tunggu pengumuman, deh," katanya.

Untuk diketahui, Gerindra sudah mengusung Ketua Umumnya, Prabowo Subianto, sebagai capres. Gerindra lantas menyebut sosok Cak Imin yang paling potensial untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2024.

PKB menyambut sebagai sinyal baik itu. PKB menyerahkan urusan capres dan cawapres ke Cak Imin dan Prabowo.

"Itu sinyal yang baik. Namun, sesuai pakta kerja sama, urusan capres dan cawapres mandatnya ada di tangan Pak Prabowo dan Gus Muhaimin," kata Wakil Ketua Umum (Waketum) PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Kamis (29/9).

Jazilul mengatakan pihaknya masih menunggu hasil kesepakatan antara Prabowo dan Cak Imin soal sosok yang bakal diusung koalisi pada 2024. Sekaligus, kata dia, seraya mencari momen pas untuk mengumumkannya ke publik.

"Kita tunggu saja hasil rembukan Pak Prabowo dan Gus Muhaimin dan mencari momen yang tepat untuk mengumumkan pasangan dalam pilpres," kata dia.

Meskipun demikian, Jazilul menekankan keakraban kedua partai papan atas itu juga kian menunjukkan kecocokan Prabowo dan Cak Imin untuk maju bareng di pilpres mendatang.

"Hemat saya, keakraban PKB dan Gerindra, Gus Muhaimin dan Pak Prabowo, semakin menunjukkan kecocokannya untuk menang pada Pemilu 2024," kata dia.

Simak video 'Cak Imin Nilai Peluang Koalisi Antara PKB dengan NasDem Agak Sulit':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT