Momen Anies Pamit ke Uskup Agung Jakarta hingga PGI DKI Jelang Purnatugas

ADVERTISEMENT

Momen Anies Pamit ke Uskup Agung Jakarta hingga PGI DKI Jelang Purnatugas

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 15:48 WIB
Momen Anies Pamit ke Uskup Agung Jakarta hingga PGI DKI Jelang Purnatugas (dok Instagram Anies)
Momen Anies Pamit ke Uskup Agung Jakarta hingga PGI DKI Jelang Purnatugas (Dok. Instagram Anies)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah momen kebersamaannya dengan umat Katolik dan Kristen di Jakarta. Anies berpamitan kepada Keuskupan Agung Jakarta dan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah DKI Jakarta.

Dilihat detikcom, Jumat (7/10/2022), momen pamitan itu diunggahnya melalui dua unggahan di Instagram. Di unggahan pertama, Anies mengunggah saat berpamitan ke PGI DKI dan bertemu dengan Ketua Umum PGI DKI, Pendeta Arlyanus Larosa. Dia turut mengenang saat bekerja bersama dengan umat Kristen di Jakarta selama lima tahun mengabdi.

"Selama 5 tahun ini kami bekerja bersama. Lintas batas. Menjaga dan menguatkan rasa kesetaraan, kebersamaan, dan persahabatan. Dengan menuju berakhirnya tugas, kami bersilaturahmi ke Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Wilayah DKI (PGIW DKI) Jakarta," tulis Anies.

Momen Anies Pamit ke Uskup Agung Jakarta hingga PGI DKI Jelang Purnatugas (dok Instagram Anies)Momen Anies Pamit ke PGI DKI Jelang Purnatugas (Dok. Instagram Anies)

Anies mengaku bersyukur bisa bekerja sama dengan PGI DKI. Dia pun menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh pimpinan gereja Kristen dan umat Kristen Jakarta yang telah ikut menjaga persatuan.

"Kami bersyukur bisa mengenal dan bekerja sama dengan Ibu-Bapak selama bertugas sebagai Gubernur DKI Jakarta. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh para pimpinan gereja Kristen dan umat Kristen Jakarta yang telah ikut menjaga persatuan di Ibu Kota," lanjutnya.

"Kami mohon pamit, karena pekan depan amanat sebagai Gubernur DKI tuntas, semoga tali silaturahmi ini tetap terjaga," imbuh dia.

Unggahan kedua adalah momen saat Anies berkunjung ke Keuskupan Agung Jakarta dan bertemu dengan Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo, di Katedral Jakarta, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan itu, Anies mengaku mendengar lebih dalam sejarah umat Katolik di Indonesia.

"Bersilaturahmi ke Keuskupan Agung DKI Jakarta, berkesempatan untuk bisa mendengar lebih dalam kisah Kathedral dan perjalanan sejarah umat Katolik di Indonesia. Sekaligus ngobrol agak panjang dengan Kardinal Ignatius Suharyo dan teman-teman KAJ," tutur Anies.

Momen Anies Pamit ke Uskup Agung Jakarta hingga PGI DKI Jelang Purnatugas (dok Instagram Anies)Momen Anies Pamit ke Uskup Agung Jakarta (Dok. Instagram Anies)

Anies juga bersyukur bisa bekerja sama dengan umat Katolik dan Keuskupan Agung DKI Jakarta dalam menghadirkan kesatuan di Ibu Kota. Dia turut menyampaikan rasa terima kasihnya.

"Kami bersyukur bisa bekerja sama dengan Ibu/Bapak dalam menghadirkan rasa keadilan, kekeluargaan, kebersamaan, dan kesatuan warga kota Jakarta. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh umat Katolik Jakarta yang telah ikut mewujudkan persatuan di Ibu Kota," kata dia.

Anies pun lalu memohon pamit karena sebentar lagi purnatugas sebagai Gubernur DKI Jakarta. Kendati demikian, Anies berharap silaturahmi dengan umat Katolik tetap terjaga meski tidak lagi memimpin di Ibu Kota.

"Kami mohon pamit, karena pekan depan amanat sebagai Gubernur DKI tuntas, semoga tali silaturahmi ini tetap terjaga. Permasalahan dan tantangan untuk umat beragama akan terus ada melebihi masa jabatan pemerintahan. Tanggung jawab untuk menghadirkan rasa aman akan selamanya menjadi tanggung jawab umat beragama," pungkas Anies.

Simak video 'Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI, Anies: Kami Percaya Pengalaman Beliau':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT