Anies Pamit ke Warga Gembrong Jelang Lengser: Kalau Keliling Saya Mampir Lagi

ADVERTISEMENT

Anies Pamit ke Warga Gembrong Jelang Lengser: Kalau Keliling Saya Mampir Lagi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 14:57 WIB
Anies Baswedan akan resmikan Kampung Gembira Gembrong
Anies Baswedan (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Gembira Gembrong di Jatinegara, Jakarta Timur. Total terdapat 138 bangunan rumah yang diperuntukkan bagi korban terdampak kebakaran Pasar Gembrong pada April lalu.

Pantauan detikcom di lokasi pada Jumat (7/10/2022), Anies secara simbolis menyerahkan kunci unit rumah kepada dua perwakilan warga di atas panggung. Kegiatan itu sekaligus menandakan pembangunan Kampung Gembira Gembong telah rampung sehingga bisa segera dihuni warga.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini, Jumat 7, Oktober 2022, Kampung Gembira Gembrong dengan ini secara resmi digunakan," kata Anies Baswedan di lokasi, Jumat (7/10).

Anies mengajak penduduk sekitar merawat dan menjaga kampung yang telah dibangun ini. Dia meminta warga selalu mengutamakan kebersihan di kawasan kampung.

"Ibu-Bapak yang saya hormati, jaga tempat ini, rawat tempat ini. bukan hanya fisiknya tapi saya pesan apa? persaudaraannya. Jaga kebersihannya, jaga kerapihannya," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Anies juga memohon doa agar dapat menuntaskan tugasnya sebagai gubernur secara husnulkhatimah. Dia juga berjanji suatu hari lagi akan kembali menyambangi Kampung Gembrong.

"Saya mohon didoakan sebentar lagi tugas saya selesai. Doakan husnulkhatimah. Insyaallah tanggal 16 besok saya akan tuntas, saya akan kembali menjadi warga negara. Kapan-kapan boleh saya mampir lagi ke sini ya," ucapnya.

"Nanti kalau lagi longgar, keliling saya mampir, siapa tahu kita bisa salat Magrib sama-sama lagi di depan sana," tambahnya.

Pembangunan Kampung Gembira Gembrong mengusung konsep water front city, di mana kampung ini akan menghadap ke sungai, bukan membelakangi sungai. Terdapat jarak sekitar 5 meter memisahkan antara bangunan dan tepian sungai.

Nantinya, jarak tersebut menjadi jalur evakuasi kalau terjadi bencana dan juga menjadi lintasan jogging masyarakat. Selain itu, disediakan fasilitas olahraga di sekitar lintasan.

Simak video 'Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI, Anies: Kami Percaya Pengalaman Beliau':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT