Penumpang TransJ Sayangkan Halte Bundaran HI Halangi Patung Selamat Datang

ADVERTISEMENT

Penumpang TransJ Sayangkan Halte Bundaran HI Halangi Patung Selamat Datang

Silvia Ng - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 15:32 WIB
Halte TransJakarta Bundaran HI.
Uji Coba Halte TransJ Bundaran HI (Silvia/detikcom)
Jakarta -

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mulai melakukan uji coba Halte Bundaran HI, Jakarta Pusat (Jakpus). Proyek revitalisasi halte ini sempat dikritik Sejarawan JJ Rizal karena dinilai menghalangi pandangan ke Patung Selamat Datang.

Penumpang TransJ yang menjajal halte Bundaran HI merasakan hal serupa. Penumpang bernama Zikri (25) menyayangkan tak bisa melihat Patung Selamat Datang dari lantai dasar halte Bundaran HI.

"Menurut saya, revitalisasi halte TransJ di Bundaran HI itu cukup tinggi. Bahkan Patung Selamat Datang saja terhalang. Ini saja saya dari lantai 1 halte itu nggak terlihat patungnya," kata Zikri kepada wartawan, Jumat (7/10/2022).

"Sayang sekali sih karena patung ini kan sangat bersejarah banget, ya saya sih meminta pihak-pihak terkait mengkaji ulang, direncanakan, dievaluasi lagi untuk tidak menghalangi Patung Selamat Datang," sambungnya.

Kendati demikian, dia menilai tidak memungkinkan pembangunan halte Bundaran HI disetop. Sebab, menurutnya, sudah ada anggaran yang keluar untuk pembangunan halte.

"Kalau misalkan disetop pembangunannya ini sayang banget, karena menggunakan anggaran yang banyak, nggak sedikit," ujar dia.

Hal senada disampaikan oleh wisatawan asal Surabaya yang tengah berkunjung ke DKI Jakarta, Indira (58). Dia mengatakan Halte Bundaran HI dibangun terlalu besar dan dekat dengan Patung Selamat Datang.

"Sayang juga, sebenarnya ya separuh saja ya (dibangun haltenya), terlalu dekat di patung, jadi dari sana kurang kelihatan," kata Indira.

Indira mengatakan perizinan pembangunan halte ini perlu dicek lagi lantaran menutupi monumen yang bersejarah ini. Namun dia menyayangkan apabila pembangunannya ternyata mesti disetop.

"Pasti ada nilai sejarahnya kenapa itu (Monumen Selamat Datang) dibangun, ya, harus dicek perizinannya juga," terang Indira.

"Sayang kalau disetop, ya sudah mau gimana lagi, dilanjutkan saja," sambungnya.

Sebelumnya diketahui, PT TransJakarta mulai melakukan uji coba Halte Bundaran HI, Jakarta Pusat (Jakpus). Proyek revitalisasi halte ini sempat dikritik Sejarawan JJ Rizal karena dianggap menghalangi pandangan ke Patung Selamat Datang.

Tampak belum seluruh bangunan halte selesai dibangun. Sejumlah petugas konstruksi juga terlihat masih melanjutkan proyek.

Halte ini terdiri atas dua lantai. Saat ini penumpang baru bisa menggunakan lantai dasar halte ini.

Area lantai atas masih dalam tahap konstruksi dan ditutup dengan terpal putih. Selain itu, terlihat besi-besi penyangga konstruksi di beberapa area halte yang belum rampung.

"Selama masa uji coba, area lantai 2 dan beberapa fasilitas belum dapat digunakan," demikian isi tulisan pada pemberitahuan di depan tangga menuju lantai 2.

Uji coba sendiri telah dimulai sejak Kamis (6/10). Warga sudah bisa naik dan turun bus TransJakarta di halte ini.

Nantinya halte ini disebut bakal dilengkapi area komersial, toilet, musala, lift prioritas, hingga area anjungan di lantai atas. Namun fasilitas itu belum selesai dibangun.

(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT