ADVERTISEMENT

Polemik Halte Bundaran HI Halangi Patung Selamat Datang, Wagub Panggil TransJ

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 14:15 WIB
Ahmad RIza Patria
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan halte TransJakarta Bundaran HI menuai polemik lantaran dianggap menghalangi Patung Selamat Datang. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan dia akan memintai keterangan kepada TransJakarta untuk meluruskan polemik ini.

"Saya akan tanyakan lagi detailnya, akan saya panggil TransJakarta sejauh mana prosesnya, apa masalahnya, kekurangannya apa, nanti sama-sama kita sempurnakan, kita perbaiki bagaimana menjelaskan ke publik tentang persepsi, dugaan yang dianggap menghalangi," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2022).

Riza memastikan sementara ini, revitalisasi halte TransJakarta terus bergulir. Menurutnya, pihaknya perlu menelusuri lebih lanjut apakah ada kesalahan prosedur yang dilakukan oleh TransJakarta.

"Jadi itu kan memang ada protes dari Ketua DPRD. Sementara itu program jalan terus," jelasnya.

"Sekarang kemudian ada yang protes, itu kita hormati dan kita hargai. Nanti kami cek, apakah saja yang diprotes, apakah betul yang diprotes itu memang ada kesalahan dari pihak TransJakarta nanti akan kita cek," tambahnya.

Politikus Gerindra itu meyakini revitalisasi halte sudah melalui perencanaan matang. Desain dari halte pun, menurut dia, telah diperhitungkan biaya beserta luasnya.

"Artinya semua desain kan sudah disusun jauh-jauh hari. Itu kan ngegambar desain bukan kayak anak-anak ngegambar gunung. Itu desain itu kan ada hitungannya, strukturnya, artistiknya, semuanya ada hitungannya, ada biayanya bahkan biayanya sudah dianggarkan dari tahun sebelumnya. Artinya, itu sudah jauh dari tahun sebelumnya didesain. Prosesnya sudah panjang," tegasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan revitalisasi halte TransJakarta Tosari di kawasan Bundaran HI terus berlanjut. Proyek revitalisasi itu terus berlanjut meskipun sempat diprotes sejarawan JJ Rizal karena dianggap menutupi Patung Selamat Datang di Bundaran HI.

"Semua project berjalan terus," kata Anies Baswedan di Djakarta Theater, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/10). Anies ditanya kelanjutan pembangunan Halte Tosari.

Selain Halte Tosari, JJ Rizal turut memprotes pembangunan Halte Bundaran HI karena turut menutupi bangunan bersejarah. Namun Anies enggan berkomentar ketika ditanya lebih lanjut terkait kelanjutan revitalisasi Halte Bundaran HI.

Simak di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Penampakan Revitalisasi Halte TransJ yang Halangi Patung Selamat Datang':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT