Kurangi Antrean di Halte TransJ, Dishub DKI Siapkan Mesin Tap Mobile

ADVERTISEMENT

Kurangi Antrean di Halte TransJ, Dishub DKI Siapkan Mesin Tap Mobile

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 07 Okt 2022 08:32 WIB
Situasi Halte Pinang Ranti, Jakarta Timur, Rabu (5/10/2022)
Ilustrasi (Foto: Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan sejumlah langkah untuk mencegah antrean panjang imbas sistem baru pembayaran menggunakan kartu pengguna TransJakarta. Kedishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya juga melakukan sosialisasi secara masif.

"Telah dilakukan sosialisasi secara intensif melalui media elektronik, di halte dan di bis untuk aturan 1 penumpang 1 kartu dan wajib tap out oleh TransJakarta dan JakLingko," kata Syafrin kepada wartawan, Kamis (6/10/2022).

Syafrin kemudian mengungkapkan sejumlah evaluasi di hari ketiga penerapan sistem baru itu. Dia mengatakan jumlah kartu pengguna TransJakarta yang terblokir karena tidak melakukan tap out jauh berkurang.

"Setelah pelaksanaan selama 3 hari ini terpantau jumlah kartu yang terblokir karena belum tap out di perjalanan sebelumnya telah jauh berkurang," kata dia.

Selain itu, Syafrin mengatakan pihaknya juga melakukan pembaruan sehingga mesin berfungsi maksimal saat membaca kartu penumpang pada melakukan tap in dan tap out.

"Kami terus melakukan evaluasi dan saat ini JakLingko telah melakukan update konfigurasi setiap reader halte untuk mempercepat proses tap kartu di halte," kata dia.

Tambah Mesin Tap Mobile di Halte

Selain itu, guna mengurangi antrean penumpang saat tap in, Dishub DKI juga menambah mobile card reader atau mesin tap mobile di halte. Dia menyebut penambahan itu dilakukan di halte yang didatangi banyak pengguna.

"Selain itu saat ini juga telah ditempatkan puluhan Mobile Card Reader di halte-halte yang sibuk untuk mengurangi kepadatan dan mengurangi antrean tapping," tutur dia.

Syafrin juga menjelaskan alasan saldo minimal Rp 5.000 saat tap out. Dia menyebut hal itu disesuaikan dengan tarif integrasi terjauh.

"Terhadap saldo minimal saat tap-out Rp 5.000 berdasarkan besaran tarif terjauh TransJakarta saat ini," tutur dia.

"Kami menghimbau kepada masyarakat pengguna layanan TransJakarta untuk melakukan tap in dan tap out saat melakukan perjalanan dan mengikuti arahan petugas di lapangan," tutur dia.

(lir/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT