TransJakarta Jelaskan Penyebab Antrean Panjang Saat Sistem Baru Diterapkan

ADVERTISEMENT

TransJakarta Jelaskan Penyebab Antrean Panjang Saat Sistem Baru Diterapkan

Dwi Rahmawati - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 21:18 WIB
Penumpang TransJ di Cibubur Junction Mengular Imbas Sistem Baru (Dwi Rahmawati/detikcom)
Antrean Penumpang TransJakarta (Dwi Rahmawati/detikcom)
Jakarta -

PT TransJakarta buka suara terkait mengularnya penumpang kala sistem baru diterapkan. Pihak TransJakarta menyadari jika masih ada pengguna yang kaget dengan perubahan tersebut.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT TransJakarta, Anang Rizkani Noor, mengatakan sistem pembacaan kartu dinilai masih belum sempurna. Sosialisasi pun belum masif dilakukan.

"Mengapa kemarin terjadi antrean, karena satu proses itu kaget (penumpang). Kedua, mungkin di sistemnya sendiri ada yang belum sempurna membacanya," papar Anang saat ditemui di kantornya, PT TransJakarta, Jl Mayor Jenderal Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (6/10/2022).

Perubahan sistem dikatakan Anang berkaitan dengan tarif integrasi yang nantinya bisa menghubungkan moda transportasi mulai dari LRT, MRT, termasuk TransJakarta. Anang menyebut masih banyak penumpang yang lupa jika pembayaran tarif ada pada bagian akhir.

Mereka yang tak menempel kartu saat keluar bus, otomatis perlu beberapa kali tap di hari berikutnya.

"Orang yang tidak melakukan tap out sebelumnya, itu waktu mau masuk diblokir kartunya. Karena dianggap belum dibaca kartunya, belum bayar. Nah, ketika diblokir, diriset dulu, dan diatur ulang kartu tersebut," kata Anang.

Anang lantas menjelaskan penggunaan satu kartu untuk satu orang. Menurutnya, hal itu sudah lumrah dilakukan moda transportasi lain.

"Sebetulnya itu kan sama dengan yang diberlakukan di MRT, kalau di moda transportasi yang lain sudah nggak bisa beberapa orang memakai satu kartu, nggak bisa," ujarnya.

Mengularnya disebut penumpang jadi evaluasi PT TransJakarta dan PT Jaklingko Indonesia. Terkait lambatnya penggunaan kartu untuk masuk, juga sedang digodok oleh pihak terkait.

"Jadi sekarang sedang dibahas bagaimana situasi ini tidak perlu sampai tiga kali (tap). Jadi sistemnya kita tambahkan lagi keandalannya, yang kedua tentu kita beritahukan lebih banyak kepada masyarakat. Sehingga kita berharap beberapa hari ke depan situasinya lebih baik," pungkasnya.

Simak video 'Kebijakan Baru TransJ Bikin Antrean Mengular di Sejumlah Halte':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT