Suporter Sepakbola Indonesia Temui TGIPF Bahas Tragedi Kanjuruhan

ADVERTISEMENT

Suporter Sepakbola Indonesia Temui TGIPF Bahas Tragedi Kanjuruhan

Silvia Ng - detikNews
Kamis, 06 Okt 2022 16:02 WIB
TGIPF Tragedi Kanjuruhan terima kedatangan perwakilan supporter bola seluruh Indonesia di Kemenko Polhukam
TGIPF Tragedi Kanjuruhan terima kedatangan perwakilan suporter bola seluruh Indonesia di Kemenko Polhukam (Silvia/detikcom)
Jakarta -

Perwakilan Supporter Sepak Bola Seluruh Indonesia menemui Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta. Mereka datang untuk memberi masukan terkait tragedi yang menewaskan 131 orang tersebut.

Pantauan detikcom di Kemenko Polhukam, Kamis (6/10/2022) pukul 14.45 WIB pertemuan dipimpin Deputi III Kemenko Polhukam bidang Hukum dan HAM, Sugeng Purnomo yang juga bagian dari TGIPF Tragedi Kanjuruhan. Hadir pula anggota TGIPF Tragedi Kanjuruhan lainnya di antaranya Akmal Marhali dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Perwakilan suporter sepakbola yang hadir berasal dari tokoh The Jakmania (sebutan untuk suporter Persija) Ferry Indrasjarief. Dia tampak memberikan masukan terkait pengamanan suporter sepakbola saat menonton pertandingan.

"Saya juga respek ketika Pak Presiden minta untuk kasus ini segera dituntaskan, dan banyak sekali perkembangan yang menurut saya memang bentuk perhatian serius kepada kejadian ini. Tapi kalau menurut saya, sanksi, hukuman, terus kemudian pembuktian siapa yang bersalah itu cuma kilas balik, bagaimana kita mengevaluasi apa yang sudah kejadian. Tapi saya sebetulnya lebih pengen kita, itu benar (mencari siapa yang bertanggung jawab), tapi bagaimana ke depannya. Karena kalau kita cuma bisa ini yang salah, ini yang dihukum, ini nggak boleh lagi (bertugas) seumur hidup, tapi ke depannya bagaimana?" kata Ferry di hadapan TGIPF Tragedi Kanjuruhan.

Anggota TGIPF Kanjuruhan yang hadir mendengar masukan yang diberikan. Hingga saat ini pertemuan masih berlangsung.

Seperti diketahui, sesuai arahan Presiden Jokowi, pemerintah telah membentuk Tim Pencari Fakta Kanjuruhan. TGIPF Tragedi Kanjuruhan dibentuk untuk melakukan investigasi Tragedi Kanjuruhan yang menelan ratusan korban jiwa dan korban luka-luka.

Tm Pencari Fakta Kanjuruhan ini dipimpin langsung oleh Menko Polhukam Mahfud Md dan beranggotakan berbagai Kementerian hingga lembaga. Hasil penyelidikan Tim Pencari Fakta Kanjuruhan diharapkan rampung dalam dua pekan ke depan.

"Sudah dilaporkan kepada Bapak Presiden dan disetujui serta minta segera diumumkan dan segera bekerja," kata Mahfud dalam jumpa pers, Senin (3/10).

Susunan TGIPF Tragedi Kanjuruhan:

- Ketua: Menko Polhukam, Mahfud Md

- Wakil Ketua: Menpora, Zainuddin Amali

- Sekretaris: Mantan Jampidum, Nur Rochmad

Berikut ini daftar lengkap TGIPF Tragedi Kanjuruhan.

Anggota Tim Pencari Fakta Kanjuruhan:

1. Prof Rhenald Kasali (Akademisi UI)

2. Prof Sumaryanto (Rektor UNY)

3. Akmal Marhali (Pengamat Olahraga)

4. Anton Sanjoyo (Jurnalis Olahraga)

5. Nugroho Setiawan (Mantan Pengurus PSSI dengan lisensi FIFA)

6. Letjen TNI (Purn) Doni Monardo (Mantan Kepala BNPB)

7. Mayjen TNI (Purn) Suwarno (Wakil Ketum I KONI)

8. Irjen Pol (Purn) Sri Handayani (Mantan Wakapolda Kalimantan Barat)

9. Laode M Syarif (Mantan pimpinan KPK)

10. Kurniawan Dwi Yulianto (Mantan pemain sepakbola Tim Nasional/APPI)

(dek/dek)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT