KPK Geledah Rumah Chandra Tirta Terkait Kasus Suap Pesawat Airbus Garuda

ADVERTISEMENT

KPK Geledah Rumah Chandra Tirta Terkait Kasus Suap Pesawat Airbus Garuda

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 15:44 WIB
Gedung baru KPK
Foto Ilustrasi KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

KPK menggeledah rumah dan kantor di Jakarta dan Tangerang Selatan (Tangsel) terkait kasus dugaan suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia Tbk tahun 2010-2015. Kasus ini diketahui menjerat eks anggota DPR RI Chandra Tirta Wijaya sebagai tersangka.

"Tim juga telah melakukan penggeledahan rumah kediaman dan kantor dari pihak-pihak yang terkait dengan perkara di wilayah Tangerang Selatan dan Jakarta," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, kepada wartawan, Rabu (5/10/2022).

Ali menyebut pihaknya menemukan dan mengamankan berbagai dokumen dalam penggeledahan itu. Temuan itu, lanjut Ali, bisa menerangkan dugaan perbuatan para pihak terkait kasus suap di Garuda Indonesia ini.

"Bukti ini masih akan dianalisis, disita dan dikonfirmasi kembali pada para saksi untuk melengkapi berkas perkara penyidikan," ucap Ali.

Selain itu, Ali menyebut tim penyidik KPK telah memeriksa 16 orang saksi kasus suap pengadaan armada pesawat Airbus pada PT Garuda Indonesia Tbk tahun 2010-2015. Para saksi yang diperiksa terdiri dari sejumlah pihak.

"Terdiri dari pihak sekretariat jenderal DPR, mantan anggota DPR, pejabat di PT Garuda Indonesia dan swasta," ujarnya.

Terpisah, sumber terpercaya detikcom mengonfirmasi rumah yang digeledah terkait kasus ini adakah rumah Chandra Tirta.

Chandra Tirta Tersangka Suap Pengadaan Airbus Garuda Indonesia

Diketahui, KPK melakukan penyidikan baru kasus dugaan suap pengadaan pesawat di PT Garuda Indonesia (PT GI). KPK pun telah menetapkan tersangka dalam kasus ini.

Berdasarkan sumber detikcom, Selasa (4/10), orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap ini ialah eks anggota DPR RI, Chandra Tirta. Chandra Tirta Wijaya saat itu tergabung dalam Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Setelah tak lagi menjabat anggota DPR RI, Chandra Tirta Wijaya berpindah ke Partai Ummat. Chandra merupakan Wakil Ketua Umum Partai Ummat.

Dia sempat diperiksa KPK pada Selasa, 19 November 2019, sebagai saksi di dugaan suap yang menjerat eks Dirut Garuda Emirsyah Satar. Saat itu, dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Soetikno Soedarjo yang merupakan pihak swasta.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT