KPK Ungkap Alasan Cegah Eks Anggota DPR Chandra Tirta ke Luar Negeri

ADVERTISEMENT

KPK Ungkap Alasan Cegah Eks Anggota DPR Chandra Tirta ke Luar Negeri

M Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 21:48 WIB
Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto
Deputi bidang Penindakan KPK Karyoto (Wilda/detikcom)
Jakarta -

KPK menjelaskan alasan pihaknya mengajukan pencekalan terhadap eks anggota DPR Chandra Tirta Wijaya. Lembaga antirasuah itu membenarkan pencekalan Chandra terkait dugaan tindak pidana korupsi yang tengah diusut.

"Soal (kasus dugaan suap) Garuda, memang kembali kami memang sudah kalau ditanya, udah melakukan cekal," kata Deputi bidang Penindakan KPK Karyoto dalam konferensi pers di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Selasa (4/10/2022).

"Memang ada (pencekalan). Kalo ditanya konfirmasi apakah betul mencekal? Betul kami mencekal. Ada peristiwa ini? Iya ada, kan gitu," tambahnya.

Karyoto menjelaskan sebetulnya baik saksi maupun tersangka juga dapat diajukan pencekalannya.

"Karena ada kekhawatiran kita, orang ini kalau pergi ke luar negeri akan sulit menghadirkan. Untuk yang sifatnya belum waktunya saya sampaikan, ya saya tidak akan menyampaikan," jelasnya.

Imigrasi Cekal Chandra Tirta Wijaya

Pihak Ditjen Imigrasi mengonfirmasi bahwa Chandra Tirta telah dicegah ke luar negeri. Pencegahan itu berlaku sejak Agustus 2022 hingga 6 bulan ke depan.

"Ybs (Chandra Tirta Wijaya) aktif dalam daftar cegah, dengan masa pencegahan 25 Agustus 2022 sampai dengan 25 Februari 2023," kata Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Achmad Nur Saleh saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (4/10).

Achmad Nur Saleh menyebutkan bahwa permohonan pencekalan itu sendiri diajukan oleh pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia menyebut alasan pencekalan itu berkaitan dengan kasus korupsi.

"Diusulkan oleh KPK dengan kasus korupsi," tambahnya.

Chandra Tirta Tersangka Suap Pengadaan PT Garuda Indonesia

Diketahui, KPK melakukan penyidikan baru kasus dugaan suap pengadaan pesawat di PT Garuda Indonesia (PT GI). KPK pun telah menetapkan tersangka dalam kasus ini.

Berdasarkan sumber detikcom, Selasa (4/10), orang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap ini ialah eks anggota DPR RI Chandra Tirta. Chandra Tirta Wijaya saat itu tergabung dalam Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Lihat juga video 'Ketua Peradi Semarang Jadi Kuasa Hukum Yosep Parera':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT