Puan Tindak Lanjuti Usulan Fraksi Bentuk Pansus Tragedi Kanjuruhan

ADVERTISEMENT

Puan Tindak Lanjuti Usulan Fraksi Bentuk Pansus Tragedi Kanjuruhan

Nahda Utami - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 15:48 WIB
Puan Maharani
Puan Maharani (Foto: Instagram @puanmaharaniri)
Jakarta -

Semua fraksi di DPR dikabarkan sepakat mengusulkan pembentukan panitia khusus (pansus) tragedi kanjuruhan. Ketua DPR RI Puan Maharani akan menindaklanjuti usulan tersebut.

"Wacana atau inisiatif tersebut akan kita tindaklanjuti supaya bisa seiring sejalan untuk bisa meminta pertanggungjawaban-pertanggungjawaban," kata Puan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Puan menyebut saat ini pemerintah telah membentuk tim independen untuk melakukan investigasi terhadap tragedi Kanjuruhan. Dia meminta agar sejumlah pihak fokus terlebih dulu terhadap tim independen itu.

"Saat ini kan pemerintah sudah melakukan membuat satu tim independen untuk kemudian yang melibatkan beberapa kementerian dan lembaga untuk kemudian menyelidiki dan melaksanakan penyidikan dan saya mendapatkan laporannya sudah dalam tingkat penyidikan," jelas Puan.

"Jadi saya meminta kita hargai dulu tim independen yang sudah dibentuk oleh pemerintah," tambahnya.

Lebih lanjut, Puan meminta pemerintah dan aparat penegak hukum melakukan penyidikan secara cepat. Dia juga berharap hasil investigasi tragedi Kanjuruhan itu diumumkan terbuka kepada masyarakat.

"Prinsipnya DPR tentu saja meminta kepada pemerintah atau pihak-pihak terkait untuk kemudian melakukan penyelidikan dan penyelidikan atau penyidikan secara cepat, tanggap terbuka, transparan, dan kemudian diumumkan pada masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, PKB mengungkap seluruh fraksi di DPR RI sepakat mengajukan pembentukan panitia khusus (pansus) tragedi Kanjuruhan. Saat ini, delapan dari sembilan fraksi telah menandatangani persetujuan untuk membentuk pansus tersebut.

"Kami sudah mendapatkan dukungan dari anggota lintas fraksi, untuk pembentukan Pansus Tragedi Kanjuruhan. Kami berharap Pansus ini bisa mengawal proses investigasi kasus yang memicu begitu banyak korban jiwa," kata anggota Komisi III Fraksi PKB, Heru Widodo, di ruang Fraksi PKB, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (3/10).

Heru menjelaskan kedelapan fraksi yang telah menandatangani dukungan pembentukan pansus ini adalah PDI Perjuangan, Golkar, PKB, Gerindra, Demokrat, PAN, NasDem, dan PKS. Tanda tangan dukungan itu nantinya akan diserahkan kepada pimpinan DPR untuk disahkan dalam rapat paripurna DPR.

"Nah, karena kebetulan teman-teman ini berapa fraksi ini sudah menyetujui dan menandatangani persetujuan untuk pembentukan pansus, saya kira besok kita akan meminta dukungan lebih banyak lagi kepada teman-teman Komisi III dan Komisi X untuk selanjutnya segera kita mulai pembentukan pansus di DPR," jelasnya.

Heru menegaskan tragedi Kanjuruhan itu haruslah dievaluasi. Evaluasi itu, lanjutnya, baik dari segi penyelenggaraan maupun pertandingan.

Simak Video 'Awali Rapat Paripurna dengan Desak Tragedi Kanjuruhan Dievaluasi':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT