PKB: Seluruh Fraksi DPR Sepakat Bentuk Pansus Tragedi Kanjuruhan

ADVERTISEMENT

PKB: Seluruh Fraksi DPR Sepakat Bentuk Pansus Tragedi Kanjuruhan

Nahda Utami - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 18:28 WIB
Anggota Komisi III Fraksi PKB Heru Widodo dan Anggota Komisi X Fraksi PKB Muhammad Khadaf (Nahda/detikcom)
Anggota Komisi III Fraksi PKB Heru Widodo dan Anggota Komisi X Fraksi PKB Muhammad Khadaf (Nahda/detikcom)
Jakarta -

PKB mengungkapkan bahwa semua fraksi di DPR RI sepakat mengajukan pembentukan panitia khusus (pansus) tragedi Kanjuruhan. Saat ini, delapan dari sembilan fraksi telah menandatangani persetujuan untuk membentuk pansus tersebut.

"Kami sudah mendapatkan dukungan dari anggota lintas fraksi, untuk pembentukan Pansus Tragedi Kanjuruhan. Kami berharap Pansus ini bisa mengawal proses investigasi kasus yang memicu begitu banyak korban jiwa," kata anggota Komisi III Fraksi PKB, Heru Widodo, di ruang fraksi PKB, kompleks parlemen, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Heru menjelaskan kedelapan fraksi yang telah menandatangani dukungan pembentukan pansus ini adalah PDI Perjuangan, Golkar, PKB, Gerindra, Demokrat, PAN, NasDem, dan PKS. Tanda tangan dukungan itu nantinya akan diserahkan kepada pimpinan DPR untuk disahkan dalam rapat paripurna DPR.

"Nah, karena kebetulan teman-teman ini berapa fraksi ini sudah menyetujui dan menandatangani persetujuan untuk pembentukan pansus, saya kira besok kita akan meminta dukungan lebih banyak lagi kepada teman-teman Komisi III dan Komisi X untuk selanjutnya segera kita mulai pembentukan pansus di DPR," jelasnya.

Heru menegaskan tragedi Kanjuruhan itu haruslah dievaluasi. Evaluasi itu, lanjutnya, baik dari segi penyelenggaraan maupun pertandingan.

"Dari hasil diskusi kita, kejadian kemarin itu tentu harus kita evaluasi. Pertama, terkait dengan penyelenggaraan atau pertandingan sepak bola. Kemudian di sana menyangkut statuta FIFA, kemudian di sana menyangkut soal keamanan di lapangan bagaimana," jelas Heru.

Lebih lanjut, Heru mengimbau jangan sampai kegiatan olahraga yang diselenggarakan tidak memperhatikan beberapa aspek yang harus diikuti. Dia juga meminta agar ke depannya penyelenggaraan sepakbola untuk memperhatikan Statuta FIFA.

"Saya kira ini sangat penting sekali supaya ke depannya kita penyelenggaraannya bisa lebih baik dan matang. Kita juga harus mencontoh dan perlu melihat dari sisi Statuta FIFA-nya juga. Jangan sampai olahraga ini berjalan sendiri tanpa memperhatikan beberapa aspek Statuta FIFA yang harus menjadi rujukan kita," ucapnya.

Sementara itu, anggota Komisi X, Muhammad Khadafi, menyebut satu fraksi yang belum menandatangani persetujuan untuk membentuk pansus tragedi Kanjuruhan adalah Fraksi PPP. Meski demikian, PPP, sebut Khadafi mengaku siap bergabung dalam pansus tersebut.

"Delapan fraksi, sebenarnya semua fraksi sudah siap untuk tanda tangan, cuma PPP lagi kunjungan ke luar negeri. Jadi kita berharap, tapi secara telepon beliau sudah sampaikan beliau siap ikut dalam pansus ini. Komisi X dan III," kata Khadafi.

(nhd/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT