Dinas Perumahan Bakal Tinjau Pagar Kali yang Roboh di Mampang Jaksel

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Dinas Perumahan Bakal Tinjau Pagar Kali yang Roboh di Mampang Jaksel

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 11:27 WIB
Pembatas kali di Kuningan Barat, Jakarta Selatan (Jaksel) roboh.
Pagar pembatas jalan dengan kali roboh di kawasan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jaksel. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Administrasi Jakarta Selatan (Sudin PRKP Jaksel) akan meninjau pembatas kali yang roboh di Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Tak ada pagar pembatas yang memisahkan jalan dengan kali di samping jalanan sempit tersebut.

"Jadi untuk yang di Kuningan Barat RT05/RW04 itu pertama nanti kita akan tinjau dulu ini," kata Kepala Sudin PRKP Jakarta Selatan, Imam Bahri saat dikonfirmasi, Selasa (4/10/2022).

Imam mengatakan perbaikan pembatas kali itu tak bisa ditangani sendiri oleh Sudin PRKP. Dia menuturkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan.

"Yang kedua, nanti kita karena ini terkait dengan turap pinggir kali, ini kayaknya nggak bisa saya tangani sendiri. Jadi artinya nanti dengan SDA saya berkoordinasi," ucapnya.

Dia menyebut koordinasi dengan Sudin SDA perlu dilakukan. Hal itu lantaran pembangunan tiang pagar pembatas jalan akan berkaitan untuk mencegah kemungkinan terjadinya longsor pada jalanan di tepi kali tersebut.

"Terus karena ini longsornya seberapa panjang terus kemudian apa yang ada di bawahnya barangkali dari SDA yang punya ilmunya lah terkait dengan masalah kali ini, nah itu barangkali nanti kami koordinasi lebih lanjut di tingkat kota nanti," tuturnya.

Baru diperbaiki setengah

Pagar pembatas antara jalan dan kali di kawasan Kelurahan Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel), roboh. Renovasi pagar pembatas itu sempat dilakukan namun belum mencapai keseluruhan tiang pembatas.

"Udah goyang betul, dari Kelurahan sih yang renovasi," kata salah seorang warga, Tio, saat ditemui di kawasan Kuningan Barat, Senin (3/10).

Pembatas kali di Kuningan Barat, Jakarta Selatan (Jaksel) roboh.Pembatas kali di Kuningan Barat, Jakarta Selatan (Jaksel) roboh. Foto: Mulia Budi/detikcom

Tio mengatakan renovasi tiang pagar pembatas itu hanya dilakukan di bagian jembatan tepat di atas kali tersebut. Sementara itu, bagian pagar di tepi kali yang roboh tampak masih belum diperbaiki dan tak ada penghalang antara jalan dan kali tersebut.

"(Yang roboh di tepi kali) Kan udah lama pas dari yang pas banjir kemarin itu, belum dibenerin lagi sampai sekarang," ujarnya.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT