Pagar Pembatas Kali yang Roboh di Jaksel Baru Diperbaiki Setengah

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Pagar Pembatas Kali yang Roboh di Jaksel Baru Diperbaiki Setengah

Mulia Budi - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 21:32 WIB
Pembatas kali di Kuningan Barat, Jakarta Selatan (Jaksel) roboh.
Pembatas kali di Kuningan Barat, Jaksel, roboh (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pagar pembatas antara jalan dan kali di kawasan Kelurahan Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel), roboh. Renovasi pagar pembatas itu sempat dilakukan namun belum mencapai keseluruhan tiang pembatas.

"Udah goyang betul, dari Kelurahan sih yang renovasi," kata salah seorang warga, Tio, saat ditemui di kawasan Kuningan Barat, Senin (3/10/2022).

Tio mengatakan renovasi tiang pagar pembatas itu hanya dilakukan di bagian jembatan tepat di atas kali tersebut. Sementara itu, bagian pagar di tepi kali yang roboh tampak masih belum diperbaiki dan tak ada penghalang antara jalan dan kali tersebut.

"(Yang roboh di tepi kali) kan udah lama pas dari yang pas banjir kemarin itu, belum dibenerin lagi sampai sekarang," ujarnya.

Dia menuturkan pagar tiang di atas jembatan kali itu mulanya berbentuk tembok lalu diperbaiki berupa tiang besi. Dia mengatakan pagar pembatas besi itu kemudian direnovasi lantaran mulai goyang.

"Sebelum waktu awal banjir itu ya tiangnya coran, terus setelah itu kan dibikin tiang-tiang besi seperti itu ya, udah, dibentuknya tiang seperti itu, direnovasi pun kemarin ya bentuknya seperti itu," tuturnya.

Sebagian tiang besi pagar pembatas antara jalan dan kali yang belum direnovasi tampak berwarna hijau dan putih. Kemudian, pagar pembatas di atas jembatan yang kini sudah direnovasi terlihat berwarna hitam dan putih.

Ketua RT 05 RW 04 Kelurahan Kuningan Barat, Samsudin mengungkap hal senada. Dia mengatakan renovasi pagar pembatas itu baru dilakukan sekitar dua pekan lalu.

"Ini kan baru, baru kemarin diperbaiki itu belum lama, baru seminggu, belum ada sebulan baru kemarin kalau nggak dua mingguan deh. Itu baru pagarnya aja ya pagar (di atas jembatannya)," kata Samsudin.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (3/10/2022), pukul 17.15 WIB, sebagian tiang pagar pembatas antara jalan dan sungai di Kelurahan Kuningan Barat tampak rusak. Tak ada pagar pembatas yang memisahkan jalan dengan sungai yang berada tepat di sampingnya.

Pengemudi sepeda motor terlihat ramai melintas di jalan tersebut. Salah satu pemotor terlihat berhenti lebih dulu untuk membiarkan pemotor lainnya lewat, lantaran jalanan tidak bisa digunakan untuk berpapasan langsung dua motor.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT