Pagar Pembatas Kali di Jaksel Roboh, Pemotor Khawatir Tercebur

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Pagar Pembatas Kali di Jaksel Roboh, Pemotor Khawatir Tercebur

Mulia Budi - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 18:15 WIB
Pembatas kali di Kuningan Barat, Jakarta Selatan (Jaksel) roboh.
Pembatas kali di Kuningan Barat, Jaksel, roboh. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pagar pembatas antara jalan dan kali di permukiman warga RT 05 RW 04, Kelurahan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel), roboh. Kondisi itu membuat pengendara sepeda motor khawatir tercebur.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (3/10/2022), pukul 17.15 WIB, sebagian tiang pagar pembatas antara jalan dan sungai di Kelurahan Kuningan Barat tampak rusak. Tak ada pagar pembatas yang memisahkan jalan dengan sungai yang berada tepat di sampingnya.

Pengemudi sepeda motor terlihat ramai melintas di jalan tersebut. Salah satu pemotor terlihat berhenti lebih dulu untuk membiarkan pemotor lainnya lewat, lantaran jalanan tidak bisa digunakan untuk berpapasan langsung dua motor.

Pembatas kali di Kuningan Barat, Jakarta Selatan (Jaksel) roboh.Pembatas kali di Kuningan Barat, Jakarta Selatan (Jaksel), roboh. (Mulia Budi/detikcom)

Salah seorang warga, Tio (29), mengatakan pagar pembatas jalan dan sungai itu rubuh akibat diterjang banjir pada awal 2021. Dia mengatakan mulanya jembatan itu berbentuk tembok bukan tiang besi.

"Kejadian waktu banjir itu awal tahun 2021, arus airnya terlalu besar yang bikin jembatannya roboh. Dulu jembatannya tuh bentuknya cor-coran, tapi nggak tembok keseluruhan sih di pinggirnya aja yang tembok," kata Tio saat ditemui di kawasan Kuningan Barat.

Dia menuturkan kondisi jalan yang sempit, licin, dan tidak memiliki pagar pembatas dengan sungai itu kerap menimbulkan korban. Dia menyebut pengemudi motor sering terjatuh kecebur ke sungai karena kondisi tersebut pada 2021.

"Ya kurang lebih 5-10 motor jatuh dari arah atas, ditolongin warga," ujarnya.

"Karena itu kan jalan kalau setelah hujan itu licin, jadi kendaraan direm pun kadang masih tetep los gitu," imbuhnya.

Dia mengatakan pembangunan tiang pembatas antara jalan dan sungai pun akhirnya dibangun setelah sejumlah pemotor terjatuh ke sungai. Namun sebagian ruas pagar pembatas itu kembali roboh akibat banjir dan belum dibangun hingga sekarang

"Baru ada renovasi dibikin lah sisi pinggir tepi kali itu dibikin tiang-tiang besi untuk penyangga itu supaya tidak ada kejatuhan," ucapnya.

Dia mengaku masih khawatir jika ada pengemudi motor yang jatuh ke sungai. Dia berharap pagar pembatas jalan dengan sungai itu dapat segera diperbaiki.

"Harapannya ya segera diperbaiki aja biar nggak kejadian kayak yang udah-udah gitu, karena kan di sini banyak yang lewat. Ini kan jalur buat motong jalur di sini, jadi arah Tendean ke Gatot Subroto kan pemotor banyak lewat sini, gang sempit lo kalau mereka nggak ini kan bisa bahaya, rawan pinggir kali gitu," tuturnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT