Pemprov DKI: Pelabuhan Muara Angke Aman dari Banjir Rob Hingga 20 Tahun

ADVERTISEMENT

Pemprov DKI: Pelabuhan Muara Angke Aman dari Banjir Rob Hingga 20 Tahun

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 23:44 WIB
Renovasi pelabuhan Kali Adem Muara Angke telah rampung. Kini pelabuhan di Jakarta Utara itu tampil lebih modern dan keren.
Wajah Baru Pelabuhan Kali Adem Muara Angke (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan operasional terminal penumpang Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Pemprov menyebut pelabuhan tersebut aman dari banjir rob hingga 20 tahun ke depan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan hal tersebut disebabkan pemerintah menambah ketinggian dermaga.

"Dilakukan perbaikan terhadap dermaga, di mana akibat adanya rob maka saat ini dermaga juga akan dinaikkan 1,5 meter. Dan untuk jangka waktu paling tidak 20 tahun ke depan," kata Syafrin di lokasi, Senin (3/10/2022).

Dengan demikian, lanjut Syafrin, aktivitas baik dari Jakarta ke Kepulauan Seribu ataupun sebaliknya akan tetap berjalan meskipun ketinggian air laut bertambah.

"Maka pelabuhan ini akan aman dari ancaman rob sehingga pelayanan ke Kepulauan Seribu tetap berlangsung walaupun kondisi air pasang atau rob," ujarnya.

Selain itu, Syafrin mengatakan fasilitas yang ada di Pelabuhan Muara Angke sudah memenuhi standar pelayanan minimum berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan. Salah satu yang ditonjolkan adalah di pelabuhan tersebut didukung dengan sistem pembayaran elektronik.

"Sementara untuk pelayanan orang fasilitas di pelabuhan ini juga sudah dilengkapi dengan electronic ticketing system. Kami harapkan ini bisa dimaksimalkan," kata dia.

"Untuk keseluruhan fasilitas juga sudah memenuhi standar pelayanan minimum sebagaimana dalam Peraturan Menteri Perhubungan terkait dengan penyelenggaraan pelabuhan, tentu kami berharap dengan dioperasionalkan secara resmi maka pelabuhan ini bisa dimanfaatkan," tutupnya.

(dwia/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT