Anies Resmikan Pelabuhan Muara Angke: Niat Bangun Fasilitas Setara Tuntas

ADVERTISEMENT

Anies Resmikan Pelabuhan Muara Angke: Niat Bangun Fasilitas Setara Tuntas

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 21:19 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan Pelabuhan Muara Angke (Wildan/detikcom)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan Pelabuhan Muara Angke (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meresmikan operasional terminal penumpang Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Anies memamerkan kondisi pelabuhan dan membandingkan dengan kondisi sebelumnya.

"Pelabuhan ini kalau lihat ini kalau lihat sekarang bisa terasa sekali bedanya luar biasa dengan sebelumnya. Mungkin Pak Kadis (Kadishub DKI Jakarta) disiapkan nanti dokumentasi lama tentang Pelabuhan Muara Angke dulu seperti apa dan sekarang seperti apa sehingga terlihat bedanya," kata Anies di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Anies lantas memamerkan sejumlah keunggulan dari pelabuhan yang direvitalisasi sejak 2021. Mulai dari bisa meningkatkan produktivitas hingga menambah daya tampung penumpang.

"Kita punya fasilitas pelabuhan yang modern yang bisa menampung banyak penumpang, nyaman dan ini bisa membuat intensitas pergerakan penduduk dari pulau ke daratan dan sebaliknya meningkat. Dan insyaallah bisa meningkatkan produktivitas. Jadi pada sore hari ini kita bersyukur bahwa niat kita ikhtiar kita untuk menyiapkan fasilitas yang setara itu telah tertuntaskan," ujarnya.

Anies pun bersyukur niatnya menyiapkan fasilitas yang setara di masa kepemimpinannya telah tuntas. Dia berharap agar semua fasilitas di Pelabuhan Muara Angke terus dijaga.

"Pada sore hari ini salah satu niat untuk bisa melakukan pembangunan di semua aspek tertuntaskan terkait dengan mobilitas penduduk di kepulauan untuk mereka memiliki fasilitas yang setara dengan warga yang tinggal di daratan," kata dia.

"Ini semua adalah bagian untuk membuat Kepulauan Seribu bisa merasakan kemajuan sebagaimana di daratan. Nah sekarang ada transportasinya kita tuntaskan," imbuh Anies.

Aman dari Rob hingga 20 Tahun ke Depan

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan keunggulan lain dari pelabuhan tersebut adalah antirob hingga 20 tahun ke depan. Hal ini dilakukan dengan cara menambah ketinggian dermaga.

"Dilakukan perbaikan terhadap dermaga, di mana akibat adanya rob maka saat ini dermaga juga akan dinaikkan 1,5 meter. Dan untuk jangka waktu paling tidak 20 tahun ke depan, maka pelabuhan ini akan aman dari ancaman rob sehingga pelayanan ke Kepulauan Seribu tetap berlangsung walaupun kondisi air pasang atau rob," kata dia.

Syafrin mengaku fasilitas yang ada di Pelabuhan Muara Angke sudah memenuhi standar pelayanan minimum berdasarkan peraturan Menteri Perhubungan. Salah satu yang ditonjolkan adalah di pelabuhan tersebut didukung sistem pembayaran elektronik.

"Sementara untuk pelayanan orang fasilitas di pelabuhan ini juga sudah dilengkapi dengan electronic ticketing system. Kami harapkan ini bisa dimaksimalkan," kata dia.

"Untuk keseluruhan fasilitas juga sudah memenuhi standar pelayanan minimum sebagaimana dalam Peraturan Menteri Perhubungan terkait dengan penyelenggaraan pelabuhan, tentu kami berharap dengan dioperasionalkan secara resmi maka pelabuhan ini bisa dimanfaatkan," tutupnya.

(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT