Respons PDIP saat Nasdem Resmi Usung Anies Nyapres di 2024

ADVERTISEMENT

Respons PDIP saat Nasdem Resmi Usung Anies Nyapres di 2024

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 15:48 WIB
Ketum NasDem Surya Paloh mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024. Dalam kesempatan itu Paloh memeluk erat Anies, Senin, 3/10/2022.
Foto: Anies Baswedan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah mendeklarasikan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai capres usungan di Pilpres 2024. PDI Perjuangan (PDIP) saat ini masih menunggu keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri terkait pencapresan.

"Sekali lagi, jawabannya nanti usang, 'Semua kita serahkan ke Bu Ketum', tetapi memang itu faktanya," kata Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/10/2022).

Utut mengatakan parpolnya masih menunggu tugas parpol yang harus diselesaikan dahulu. Dia menyinggung safari politik oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani menemui ketum-ketum parpol secara bergilir yang masih berjalan sampai saat ini.

"Kita tunggu sebentar. Mbak Puan kan tanggal 22 sudah ke Pak Paloh, tanggal 4 sudah ke Pak Prabowo, terus minggu lalu sudah dengan Cak Imin, ke depan juga akan ketemu Pak Airlangga. Nanti kita lihatlah karena ini tugas dari partainya belum selesai," ujarnya.

Saat ditanya apakah PDIP bakal mengumumkan capres usungan saat mepet pendaftaran capres di KPU, Utut belum bisa memastikan. Dia mengatakan saat ini PDIP masih menjalankan safari politik dengan ketum-ketum.

"Kita belum bisa ngomong. Kalau saya ngomong, satu saya tidak ditugaskan untuk ini, karena di partai ini semuanya penugasan. Selain itu kita memang dalam posisi penugasan dari Bu Ketum untuk bertemu dengan semua ketua partai," kata dia.

Anies Jadi Capres Usungan NasDem

Partai NasDem resmi mengumumkan calon presidennya yang akan diusung di 2024. NasDem memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan maju jadi capres untuk Pemilu 2024.

Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, hari ini. Acara dimulai dengan pembacaan doa dan menyanyikan Indonesia Raya serta himne Partai NasDem.

Paloh mengatakan NasDem resmi akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam deklarasi capres NasDem.

Surya Paloh meyakini anak-anak bangsa saat ini baik. NasDem, katanya, memilih yang terbaik oleh karena itu dia memutuskan sosok Anies Baswedan yang dipilih.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta.

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," ujar Paloh.

Simak Video: Demokrat Hormati Keputusan NasDem Usung Anies Baswedan Jadi Capres

[Gambas:Video 20detik]




(fca/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT