PD: Rekam Jejak Anies Selaras dengan Nilai yang Demokrat Perjuangkan

ADVERTISEMENT

PD: Rekam Jejak Anies Selaras dengan Nilai yang Demokrat Perjuangkan

Eva Safitri - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 15:24 WIB
Pengurus DPD PD DKI Jakarta dikukuhkan Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Gubernur DKI Anies Baswedan diajak foto bersama pengurus PD setelahnya.
Anies dan AHY (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres 2024. Partai Demokrat menyatakan menghormati keputusan itu.

"Partai Demokrat menghormati kemandirian dan independensi setiap partai politik dalam setiap pengambilan keputusan karena ini sesuai dengan nilai yang dianut Partai Demokrat, karena itu pula Demokrat menyambut baik langkah NasDem yang hari ini menetapkan Anies Baswedan sebagai capres dari Partai NasDem untuk pilpres 2024," kata Kepala Bamkostra PD Herzaky Mahendra Putra di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Herzaky mengatakan Demokrat memiliki kriteria capres, yakni berintegritas, punya kapabilitas dan elektabilitas. Dia kemudian menyebut rekam jejak Anies selaras dengan nilai-nilai yang diperjuangkan Demokrat.

"Soal figur capres dan cawapres, seperti disampaikan Ketum AHY kami memiliki kriteria tersendiri yang menitikberatkan kepada integritas, kapabilitas, elektabilitas kemistri dan semangat perubahan dan perbaikan," ujarnya.

"Sejauh ini rekam jejak Anies Baswedan memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang selama ini Demokrat perjuangkan dan Mas Anies maupun Mas AHY memiliki hubungan cukup baik dan cukup dekat," lanjut Herzaky.

Herzaky mengatakan komunikasi Demokrat dengan NasDem dan PKS yang santer dikabarkan akan berkoalisi juga berjalan baik dan terus berlanjut. Dia juga menyebut deklarasi Anies sebagai capres telah dikomunikasikan NasDem ke Demokrat sebelumnya.

Herzaky Mahendra Putra (Dok. Demokrat).Herzaky Mahendra Putra (Dok. Demokrat).

"Komunikasi NasDem yang sudah baik akan terus berlanjut, begitu pula deklarasi hari ini sebelumnya juga sudah dikomunikasikan dengan kami. Dalam penentuan capres dan cawapres ketiga partai ini sepakat untuk memiliki semangat perubahan dan perbaikan dalam menyikapi kondisi bangsa," ujarnya.

Alasan NasDem Usung Anies

Sebelumnya, Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengumumkan kalau partainya mengusung Anies sebagai capres. Surya Paloh meyakini anak-anak bangsa saat ini baik. Sehingga, NasDem katanya, memilih yang terbaik oleh karena itu dia memutuskan sosok Anies Baswedan yang dipilih.

"Inilah kenapa akhirnya NasDem melihat seorang sosok Anies Rasyid Baswedan. Kami mempunyai keyakinan pikiran-pikiran dalam perspektif baik secara makro maupun mikro sejalan," kata Paloh saat konferensi pers di NasDem Tower, Jakarta Pusat.

"Kenapa Anies Baswedan, jawabannya adalah why not the best," ujar Paloh.

Anies menyatakan menerima tantangan itu. Anies mengatakan dirinya siap melanjutkan apa yang telah dicapai pemerintah. Dia juga mengaku siap memperbaiki yang kurang.

"Dengan memohon ridho Allah dengan memohon petunjuk dariNya dan seluruh kerendahan hati, bismillahirrahmanirrahim, kami terima dan bersiap menjawab tantangan itu," kata Anies.

(eva/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT