Fondasi JPO Instagramable Stasiun Klender Baru Sudah Terpasang

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Fondasi JPO Instagramable Stasiun Klender Baru Sudah Terpasang

Mulia Budi - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 12:43 WIB
Progres pembangunan di JPO Stasiun Klender Baru, Jakarta Timur.
Pembangunan JPO di depan Stasiun Klender Baru (Mulia Budi/detikcom).
Jakarta -

Dinas Bina Marga DKI Jakarta membangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang disebut akan bernuansa Instagramable di dekat Stasiun Klender Baru, Jakarta Timur. Fondasi jembatan itu telah selesai dibangun.

"Progress pembangunan JPO Klender Baru saat ini aktifitas pelaksanaan di lapangan berupa satu, pondasi telah selesai," Kata Kepala Bidang Pembangunan Prasarana dan Sarana Utilitas Kota (PSUK) Dinas Bina Marga DKI, Hananto Krisna, saat dimintai konfirmasi, Senin (3/10/2022).

Dia mengatakan para pekerja saat ini tengah memasang gelagar atau balok jembatan hingga rumah lift. Kemudian, para pekerja juga akan melakukan penyempurnaan lajur jalan jembatan.

"Dua, pemasangan kolom dan gelagar (balok) jembatan. Tiga, pemasangan rumah lift. Empat, pekerjaan penyempurnaan lajur jalan," ujarnya.

Dia mengatakan pembangunan JPO di Stasiun Klender Baru itu untuk memudahkan pejalan kaki saat hendak menyeberangi Jl I Gusti Ngurah Rai. Menurut dia, JPO itu juga akan memudahkan akses warga untuk keluar ataupun memasuki Stasiun Klender Baru.

"Pembangunan JPO tersebut untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk menyeberang Jl I Gusti Ngurah Rai dan juga sebagai akses masuk atau keluar Stasiun Klender Baru. JPO ini juga dilengkapi lift untuk mengakomodir teman-teman disabilitas, wanita hamil dan lansia," tuturnya.

"Dengan hadirnya JPO ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki," sambungnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan tak ada lagi pengalihan arus lalu lintas di kawasan pembangunan JPO Klender tersebut. Pengalihan lalin hanya dilakukan saat pengangkatan balok jembatan pada akhir pekan kemarin.

"Pengalihan lalin hanya pada saat pengangkatan (erection) balok jembatan dan itu pun sudah selesai dilaksanakan pada malam hari saat weekend kemarin," ujarnya.

Rampung Desember 2022

Dinas Bina Marga DKI Jakarta berencana membangun jembatan penyeberangan orang (JPO) di Stasiun Klender Baru, Jl I Gusti Ngurah Rai. Diperkirakan, pengerjaan JPO akan selesai pada Desember 2022.

"Iya akan dibuat JPO baru, rencana tahun ini dibangun dan sekarang baru proses pemilihan penyedia jasa," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho saat dihubungi, Selasa (22/2/2022).

Proses konstruksi JPO diperkirakan akan dimulai pada Mei 2022. Kemudian, akhir tahun ini bisa digunakan oleh masyarakat yang memanfaatkan kereta rangkaian listrik (KRL).

"Selesai pembangunannya itu di bulan Desember 2022 mendatang, setelah itu sudah bisa dilalui," terangnya.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT