Komnas HAM Minta Pengusutan Menyeluruh soal Gas Air Mata di Kanjuruhan

ADVERTISEMENT

Komnas HAM Minta Pengusutan Menyeluruh soal Gas Air Mata di Kanjuruhan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 12:10 WIB
Aparat lepaskan gas air mata ke arah suporter
Foto: Aparat lepaskan gas air mata ke arah suporter (Foto: M Bagus Ibrahim/detikJatim)
Jakarta -

Komnas HAM mendorong pemeriksaan menyeluruh terkait dengan tragedi maut di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim). Salah satunya yakni soal pelepasan gas air mata.

"Periksa secara menyeluruh penyebab pecahnya peristiwa, terutama proses dalam pelepasan gas air mata oleh anggota keamanan," kata Wakil Ketua Komnas HAM RI Amiruddin al Rahab kepada wartawan, Senin (3/10/2022).

Amiruddin mendorong pemeriksaan dilakukan secara detail terhadap kesiapan darurat manajemen stadion. Dia juga meminta dugaan penjualan tiket melebihi kapasitas juga diusut.

"Periksa secara detail dan menyeluruh kesiapan darurat dari manajemen stadion dan pertandingan, serta pelaksanaan pertandingan pada malam hari oleh Panitia Pelaksana. Termasuk adanya dugaan mengenai penjualan tiket yang melebihi daya tampung stadion," ujarnya.

"Jika ditemukan adanya dugaan tindak pidana, segera tetap yang bertanggung jawab menjadi tersangka," sambungnya.

Dia juga meminta agar semua pihak terbuka. Hal ini diperlukan agar fair dalam penyelidikan.

"Terbuka kepada pihak-pihak yang hendak melakukan pemantauan atau pendalaman informasi memgenai peristiwa dari pihak-pihak ekternal. Hal ini diperlukan demi fairness dalam penyelidikan dan penegakan hukum," ungkapnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT