Rangkaian Penangkapan 4 Perampok Toko Emas, Dibekuk di Bogor hingga Jateng

ADVERTISEMENT

Rangkaian Penangkapan 4 Perampok Toko Emas, Dibekuk di Bogor hingga Jateng

Adrial Akbar - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 19:55 WIB
Polisi tangkap 4 perampok toko emas di mal Serpong.
Polisi tangkap 4 perampok toko emas di mal Serpong. (Adrial Akbar/detikcom)
Tangerang Selatan -

Komplotan perampok toko emas di mal kawasan Serpong, Tangsel, terungkap setelah 14 hari. Polisi mengungkapkan lamanya pengungkapan kasus lantaran perlu ketelitian dalam memeriksa barang bukti untuk melacak para pelaku.

Kapolres Tangerang Selatan AKBP Sarly Sollu mengungkapkan tim Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya dan Satreskrim Polres Tangsel berhasil mengidentifikasi para pelaku dari sidik jari yang ada di beberapa tempat.

"Perlu diketahui bahwa kita dapat identifikasi pelaku ini, itu dari adanya sidik jari yang kita temukan dan itu sempat tercecer," jelas Sarly dalam jumpa pers di Mapolres Tangsel, Jumat (30/9/2022).

Sidik jari tersebut ditemukan pada scotlight di motor bernopol B-3164-BNZ, yang ternyata pelat palsu. Sidik jari juga ditemukan ada pada korek api di kantung jaket tersangka TH.

"Terus kemudian sidik jari yang ada di selongsong peluru yang kita amankan yang berada di lokasi kejadian di toko Sinar Mas kita rangkum sedemikian rupa," ungkapnya.

Sidik Jari Pelaku Tersebar

Temuan sidik jari tersebut diperiksa. Dari hasil pemeriksaan tersebut diketahui pemilik kendaraan berinisial S alias SU (37).

"Kita susun sidik jari tersebut sehingga keluarlah satu rumus sidik jari yang begitu utuh. Sehingga keluarlah satu identitas nama berinisial S, pemilik motor Megapro yang kita amankan ini," katanya.

Dari keterangan S ini polisi akhirnya menangkap seluruh tersangka yang berjumlah 4 orang. Empat pelaku yang ditangkap berinisial SU (37), TH (37), MK (33), dan H (34).

Polisi menangkap 4 tersangka perampokan toko emas di mal Serpong, Tangsel.Polisi menangkap 4 tersangka perampokan toko emas di mal Serpong, Tangsel. (Adrial Akbar/detikcom)

Pelaku Ditangkap di Bogor hingga Grobogan

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Indrawieny Panjiyoga mengatakan dari penangkapan SU ini, tima gabungan menangkap 3 tersangka lainnya di Bogor hingga Grobogan, Jawa Tengah.

"Penangkapan yang kami lakukan di Jateng berdasarkan informasi keterangan dari Saudara S yang punya motor ini. Dari keterangan S ini, kami mendapatkan inisial T atau TH ini," ujar Panji.

Tim kemudian dibagi dan berpencar untuk menangkap 3 tersangka lainnya. Satu tersangka kemudian berhasil ditangkap di Leuwiseeng, Bogor.

"Lalu Kasatreskrim (AKP Aldo Primananda, Kasatreskrim Polres Tangsel) bersama kami berangkat ke Grobogan, di sana kami juga kerja sama dengan Polres Grobogan dan polsek setempat untuk melakukan penyelidikan di wilayah tertangkapnya tersangka TH," katanya.

TH disebut sempat melakukan perlawanan saat ditangkap polisi.

Lihat juga video 'Polisi Masih Kejar Pelaku Perampokan Toko Emas di Tangsel':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT