Massa Mahasiswa Bubarkan Diri, Jalan Medan Merdeka Barat Kembali Dibuka

ADVERTISEMENT

Massa Mahasiswa Bubarkan Diri, Jalan Medan Merdeka Barat Kembali Dibuka

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 18:42 WIB
Massa Mahasiswa Bubarkan Diri, Jalan Medan Merdeka Barat Dibuka (Anggi/detikcom)
Foto: Massa Mahasiswa Bubarkan Diri, Jalan Medan Merdeka Barat Dibuka (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Massa mahasiswa yang menggelar aksi di Patung Kuda, Jakarta Pusat membubarkan diri. Jalan Medan Merdeka Barat kini kembali dibuka.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (30/9/2022) pukul 18.20 WIB, terlihat Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, dibuka kembali. Nampak arus lalu lintas di kedua arah dapat dilalui kembali oleh kendaraan.

Usai menggelar konferensi pers, massa aksi kemudian membubarkan diri. Mereka pun akan kembali menggelar aksi pada Kamis (20/10).

"Tadi di tarik oleh salah satu aparat, dan saya tanyakan 'bapak mau menangkap saya?' Dan dibilang 'iya, saya mau menangkap anda', lalu saya tanyakan 'apa dasar hukum bapak ingin menangkap saya?' Lalu aparat terdiam," kata Ketua BEM UI, Bayu Satrio Utomo di Patung Kuda.

"Dan hari ini, di Jakarta sudah berkumpul kawan-kawan dari Aceh hingga Sumatera bagian Selatan dari Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan kita bukan puncak, tapi tanggal 20 Oktober nanti tepat tiga tahun Jokowi, dilantiknya Jokowi-Ma'ruf, kita akan tumpah ruah ke DKI Jakarta," sambungnya.

Seperti diketahui, sejumlah elemen mahasiswa menggelar aksi di Patung Kuda, Jakpus. Setidaknya ada tujuh tuntutan yang mereka bawa dalam demo hari ini.

"Tuntutan ada banyak isu ada tuju isu seperti pelanggaran HAM masa lalu, RUU KUHP dan juga RUU Masyarakat Adat dan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga yang stagnan di parlemen, terkait KKN, terkait reformia agraria, terkait BBM juga kita bicara di sana," kata Koordinator Bidang Sosial Politik BEM UI, Melki.

Dalam demo tersebut sempat terjadi aksi saling dorong antar mahasiswa dan polisi. Massa pun sempat melempar botol air ke arah petugas polisi.

Selain itu, petugas polisi dan mahasiswa pun nampak ada yang terluka. Polisi juga sempat mengamankan satu pemuda.

Memanas! Mahasiswa Saling Dorong dengan Polisi di Patung Kuda:

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT