Progres Proyek Got Antibanjir Pondok Bambu Jaktim Sudah Lebih dari 60%

ADVERTISEMENT

Progres Proyek Got Antibanjir Pondok Bambu Jaktim Sudah Lebih dari 60%

Mulia Budi - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 18:14 WIB
Pembangunan saluran air di Gang Statistik, Jl Haji Dogol, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, 22 September 2022. (Dok Sudin SDA Jaktim)
Pembangunan saluran air di Gang Statistik, Jl Haji Dogol, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, 22 September 2022. (Dok Sudin SDA Jaktim)
Jakarta -

Pengerjaan saluran air atau sodetan di permukiman warga dekat Waduk Dogol, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim) masih berlangsung. Progress pengerjaanya sudah lebih dari 60%, demi membebaskan kawasan ini dari banjir seperti Maret lalu.

"Progres minggu ke-8 rencana 53,28 persen realisasi 71,93 persen," kata Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Tengku Saugi saat dikonfirmasi, Jumat (30/9/2022).

Ternyata, kemajuan pengerjaan got antibanjir di Waduk Dogol sampai permukiman Gang Statistik melebihi target rencana semula. "Ini yang Waduk Dogol sampai perumahan Statistik," imbuhnya.

Permukiman warga di kawasan tersebut sebelumnya sempat dilanda banjir pada bulan Maret lalu. Banjir itu menggenangi rumah warga selama beberapa hari.

Pengerjaan pintu air di saluran sodetan Waduk H Dogol-BKT di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jaktim, 26 September 2022. (Mulia Budi/detikcom)Pengerjaan pintu air di saluran sodetan Waduk H Dogol-BKT di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jaktim, 26 September 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Untuk mencegah agar banjir tak lagi melanda kawasan tersebut, maka sodetan atau saluran air dibangun di Waduk Dogol lengkap dengan pintu air. Pengerjaan saluran air itu dibagi menjadi dua yaitu dari Waduk Dogol hingga perumahan statistik kemudian saluran air dari perumahan statistik hingga Jl Teluk Mandar di RW 11.

Saugi mengatakan pengerjaan dua saluran itu terus dilakukan hingga saat ini. Pengerjaan saluran air dari perumahan Statistik hingga Jl Teluk Mandar hampir mencapai 70 persen.

"Progres minggu ke-8 rencana 63,75 persen realisasi 60,08 persen," ujarnya.

Saluran air alias got antibanjir ini bermaterialkan box culvert untuk di kawasan Perumahan BPS di Jl Statistik, dan menggunakan u-ditch untuk di kawasan luar kompleks. Kontrak pengerjaan saluran ini mulai 4 Agustus dan ditargetkan selesai dalam tiga bulan.

Penanganan saluran antibanjir permukiman kawasan sekitar Waduk Haji Dogol ini juga dikerjakan di dekat lahan kosong. Saluran itulah yang semula teruruk tanah dan menjadikan aliran air mampet, menjadi biang kerok banjir pada Maret lalu. Kini, saluran di lokasi itu sudah selesai dibangun.

Got antibanjir di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jaktim, 11 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)Got antibanjir di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jaktim, 11 Juli 2022. (Mulia Budi/detikcom)

Lihat juga video 'Jabar Kerap Dilanda Banjir, Ridwan Kamil Kebut Proyek Antibanjir':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT