Got Antibanjir di Duren Sawit Terus Dikerjakan, Alat Berat Dikerahkan

ADVERTISEMENT

detikcom Do Your Magic

Got Antibanjir di Duren Sawit Terus Dikerjakan, Alat Berat Dikerahkan

Mulia Budi - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 13:47 WIB
Pengerjaan pintu air di saluran sodetan Waduk H Dogol-BKT di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jaktim, 26 September 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Pengerjaan pintu air di saluran sodetan Waduk H Dogol-BKT di Pondok Bambu, Duren Sawit, Jaktim, 26 September 2022. (Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan saluran air atau got antibanjir di permukiman warga dekat Waduk Haji Dogol, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur (Jaktim) masih berlangsung. Saluran air itu diharapkan mampu mencegah banjir agar tak kembali melanda kawasan tersebut seperti bulan Maret lalu.

Pantauan detikcom di lokasi, Senin (26/9/2022), pukul 12.46 WIB, pengerjaan pintu air dan pembangunan sodetan saluran air di Waduk Dogol tengah berlangsung. Dua orang pekerja tampak melakukan pengecatan pada pintu air di Waduk Dogol tersebut.

Proses pengerukan untuk pengerjaan sodetan saluran air itu juga sedang dilakukan oleh para pekerja. Satu alat berat berupa ekskavator terpantau berada di lokasi dan digunakan untuk melakukan pengerukan.

Salah seorang warga, Rahmat (45) berharap pembangunan sodetan saluran air itu akan efektif mencegah banjir. Dia mengaku senang dengan adanya pembangunan got antibanjir tersebut.

"Kalau menurut saya bagus adanya ini untuk mengurangi kebanjiran warga," kata Rahmat saat ditemui di kawasan Gang Statistik, Pondok Bambu, Duren Sawit.

Dia mengatakan Waduk Dogol dapat menjadi hiburan warga seperti untuk kegiatan memancing. Dia mengatakan dirinya merasa senang jika Waduk Dogol terlihat semakin rapi.

"Harapan saya ya itu aja bagus sih bagus, sudah, lebih dibagusin lagi gitu, lebih bagus lagi kan lebih enak, terus kayak waduk itu dibikin rapi lagi lebih enak dilihat gitu. Buat hiburan," ujarnya.

Pembangunan saluran air di Gang Statistik, Jl Haji Dogol, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, 22 September 2022. (Dok Sudin SDA Jaktim)Pembangunan saluran air di Gang Statistik, Jl Haji Dogol, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, 22 September 2022. (Dok Sudin SDA Jaktim)

Target selesai November

Saluran air alias got antibanjir ini bermaterialkan box culvert untuk di kawasan Perumahan BPS di Jl Statistik, dan menggunakan u-ditch untuk di kawasan luar kompleks. Kontrak pengerjaan saluran ini mulai 4 Agustus dan ditargetkan selesai dalam tiga bulan.

"Target selesai 1 November 2022," kata Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Tengku Saugi, kepada detikcom, Kamis (22/9) lalu.

Panjang got antibanjir dari Waduk H Dogol menuju Jl Statistik ini adalah 298 meter, dan dari Kompleks BPS menuju Jl Teluk Mandar adalah 221 meter. Sampai saat ini progres pengerjaannya adalah 46,72%.

Penanganan saluran antibanjir permukiman kawasan sekitar Waduk Haji Dogol ini juga dikerjakan di dekat lahan kosong. Saluran itulah yang semula teruruk tanah dan menjadikan aliran air mampet, menjadi biang kerok banjir pada Maret lalu. Kini, saluran di lokasi itu sudah selesai dibangun.

(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT