Puluhan Mobil Listrik Mejeng di Area Parkir Kompleks DPR, Untuk Apa?

ADVERTISEMENT

Puluhan Mobil Listrik Mejeng di Area Parkir Kompleks DPR, Untuk Apa?

Nahda Utami - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 17:59 WIB
Puluhan mobil listrik berjejer di area parkir Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.
Puluhan mobil listrik berjejer di area parkir Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Foto: Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

Puluhan mobil listrik berjajar di area parkiran Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Mobil listrik merek Hyundai Ioniq 5 itu sudah tiba di kompleks parlemen sejak Kamis malam (29/9).

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (30/9/2022), mobil listrik itu terparkir tanpa nomor pelat. Seluruh mobil tersebut tampak terlihat baru. Mobil itu dibatasi dengan traffic cone.

Sekjen DPR RI Indra Iskandar menjelaskan mobil-mobil tersebut akan digunakan untuk mengangkut para delegasi dari setiap anggota parlemen dunia dalam acara 8th G20 Parliamentary Speakers' Summit (P20) yang digelar 5-7 Oktober 2022. Dia menyebut acara itu akan dihadiri 19 ketua parlemen dan 14 wakil ketua parlemen parlemen dari 24 negara.

"Ini wujud komitmen dan dukungan DPR RI untuk terus mengkampanyekan ramah lingkungan dan menghargai karya anak bangsa. Karena mobil listrik tersebut dirakit di Indonesia. Selama kegiatan P20 berlangsung mobilisasi para delegasi akan menggunakan mobil listrik yang juga akan digunakan di G20 November mendatang," kata Indra kepada wartawan, Jumat (30/9/2022).

Indra menuturkan DPR bekerja sama dengan PT Hyundai dalam pengadaan mobil listrik tersebut. Mobil-mobil itu akan dipinjamkan untuk mengangkut para delegasi selama acara berlangsung.

"Kendaraan ini kerja sama DPR dengan Hyundai gratis, jadi nggak ada bayaran apapun dan kami sudah dibantu oleh 2 penyedia charger listrik. Itu kalau teman-teman lihat di bagian belakang dan parkiran depan sudah ada charger mobil listrik ke depan. Tentu setelah sudah memungkinkan kita berharap nanti penggunaan kendaraan listrik akan lebih merata," jelas Indra.

Indra menyebut akan ada 52 mobil listrik yang dipinjamkan. Tak hanya digunakan untuk mengangkut para delegasi, Indra menyebut mobil-mobil itu juga akan mengangkut pimpinan DPR RI selama acara 8th G20 P20 berlangsung.

"Yang dipinjamkan 52 mobil. Tadi malam sudah datang 28 mobil. Nanti malam akan datang lagi 27 mobil. Nanti semua ketua parlemen termasuk pimpinan DPR selama perhelatan juga akan menggunakan mobil listrik tersebut," ujarnya.

"Mobil ini untuk antar jemput dari airport menuju hotel, hotel menuju venue. Venuenya akan dilakukan di kompleks parlemen," tambah Indra.

Lebih lanjut, Indra mengatakan DPR juga menyediakan titik charging mobil listrik dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Puluhan mobil itu akan dikembalikan saat acara 8th G20 P20 sudah selesai.

"Selama kegiatan aja. Setelah itu kita kembalikan," imbuhnya.

Simak video 'Pabrikan Dilarang Produksi Mobil Bensin pada 2035, Setuju?':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/eva)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT