Halte Tutupi Patung Selamat Datang, Disbud Merasa Tak Perlu Beri Rekomendasi

ADVERTISEMENT

Halte Tutupi Patung Selamat Datang, Disbud Merasa Tak Perlu Beri Rekomendasi

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 13:34 WIB
Penampakan Halte TransJ yang Diprotes JJ Rizal Halangi Patung Selamat Datang
Foto: Penampilan halte Bundaran HI yang sedang direvitalisasi (Adrial Akbar/detikcom)
Jakarta -

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wadhana menyatakan pihaknya memiliki kewenangan menerbitkan rekomendasi terkait pembangunan halte Transjakarta di Bundaran HI yang menutupi objek diduga cagar budaya (ODCD) Patung Selamat Datang. Namun, Iwan memandang untuk saat ini rekomendasi itu belum diperlukan. Apa alasannya?

"Apa yang sudah dijalankan juga banyak mempertimbangkan banyak hal, maka konsenskuensi yang sudah dijalankan Transjakarta diteruskan oleh Transjakarta. Kami tidak perlu berikan rekomendasi," kata Iwan di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jumat (30/9/2022).

Iwan menjelaskan rekomendasi sendiri merupakan catatan keahlian yang diberikan tenaga ahli berlatarbelakang keilmuan. Tujuannya agar pemohon dapat memenuji kaidah pelestarian cagar budaya. Kendati begitu, Iwan menekankan rekomendasi itu tidak bersifat mutlak.

"Rekomendasi itu adalah catatan keahlian yang diberikan oleh para tenaga ahli yang memiliki latar belakang keilmuan sesuai dengan kebutuhan pemohon agar memenuhi kaidah pelestarian cagar budaya, satu itu. Tapi, ada tapinya, dia tidak bersifat mutlak, namanya rekomendasi tadi," jelasnya.

Iwan juga memandang, selama memenuhi kaidah pelestarian cagar budaya, Transjakarta bisa tetap melanjutkan revitalisasi Halte Bundaran HI. Menurutnya, revitalisasi bisa tetap berjalan sambil Transjakarta menjalani sidang bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TABC) dan Tim Sidang Pemugaran (TSP) DKI Jakarta.

"Kalau dia memenuhi kaidah-kaidah pelestarian cagar budaya, jalankan. Mereka melakukan sidang, itu kan ada ahli cagar budaya waktu rapat dengan tim ahli cagar budaya itu kan sudah ada tim sidang pemugaran," ujarnya.

Iwan juga mengaku pihaknya telah memantau pengerjaan revitalisasi halte Bundaran HI. Pihaknya pun memberikan sejumlah saran yang disampaikan secara lisan.

"Ada beberapa catatan saya bilang, harus memenuhi kaidah-kaidah kecagar budayaan sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

"Saya sudah sampaikan secara lisan," tambahnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Halte Bundaran HI Disebut Halangi Cagar Budaya, Ini Komentar Warga"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT