Halte TransJ Halangi Patung Selamat Datang, Riza Bicara Lonjakan Penumpang

ADVERTISEMENT

Halte TransJ Halangi Patung Selamat Datang, Riza Bicara Lonjakan Penumpang

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 13:25 WIB
Penampakan Halte TransJ yang Diprotes JJ Rizal Halangi Patung Selamat Datang
Proyek halte TransJakarta (Foto: Adrial Akbar/detikcom)
Jakarta -

Sejarawan JJ Rizal menyoroti revitalisasi halte TransJakarta yang dinilainya menghalangi pandangan ke arah Patung Selamat Datang di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya bakal memperhatikan saran dari JJ Rizal.

"Jadi informasi dari JJ Rizal saya kira itu perlu menjadi perhatian, pertimbangan. Seharusnya semua proses pembangunan yang ada di Jakarta itu harus melalui proses, sesuai aturan dan ketentuan yang ada, termasuk memperhatikan cagar budaya," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

Riza kemudian bicara soal lonjakan penumpang bus TransJakarta. Menurutnya, lonjakan penumpang harus diikuti dengan perluasan ukuran halte.

"Memang satu sisi, memang sekarang ini kan jumlah penumpang itu terjadi peningkatan yang signifikan, artinya kebutuhan halte juga bertambah, volumenya meningkat berarti kan luasannya harus bertambah," jelasnya.

Dia mencontohkan kejadian Kedai Kopi Halte Harmoni yang ditutup karena penumpang bus TransJakarta yang banyak. Riza meyakini penumpang TransJakarta di halte-halte yang ada di kawasan Bundaran HI akan melonjak juga.

"Seperti teman-teman ketahui waktu kejadian di Harmoni yang ada kedai kopi itu saja terpaksa ditutup kedai kopinya karena meningkatnya jumlah penumpang sehingga luasannya dibutuhkan, begitu juga di semua titik, nggak kecuali di Bundaran HI. Jadi perlu ada penambahan, perluasan," ucapnya.

Sebelumnya, JJ Rizal menyampaikan protes ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan karena Halte TransJakarta Bundaran HI menghalangi Patung Selamat Datang. Dia meminta pembangunan halte itu dihentikan dan diganti dengan rancangan yang tidak menghalangi pandangan ke arah Patung Selamat Datang.

"Desain yang lebih merunduk menghormat cagar budaya, bukan dengan sengaja malah memanfaatkan ruang yang bernilai komersial untuk komersialisasi," kata JJ Rizal kepada detikcom, Kamis (29/9).

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'JJ Rizal: Anies Durhaka Sama Sejarah Jika Tak Ubah Nama JIS':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT