ADVERTISEMENT

Pengacara Bripka Ricky Rizal Tegaskan Dirinya Bukan Utusan Ferdy Sambo

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 11:25 WIB
Pengacara Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, Erman Umar (Azhar-detikcom)
Foto: Pengacara Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, Erman Umar (Azhar-detikcom)
Jakarta -

Erman Umar menegaskan dirinya tak diminta tersangka pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Ferdy Sambo, untuk menjadi Pengacara Bripka Ricky Rizal. Erman mengaku pendampingan hukum yang dilakukannya atas permintaan langsung keluarga Bripka Ricky Rizal.

"Mungkin perlu juga saya mau klarifikasi sedikit ya, bahwa selama ini ada kesan seolah-olah saya tim pengacara RR ini adalah bagian yang diminta oleh Sambo. Padahal itu tidak ada. Karena apa? Saya diminta oleh keluarganya kemudian disetujui oleh RR," kata Erman di gedung Bareskrim Polri, Jumat (30/9/2022).

Erman mengatakan bahwa kliennya memang sempat didampingi pengacara dari pihak Sambo. Namun, dia menegaskan tim kuasa hukumnya berbeda dengan tim Arman Hanis, pengacara Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

"Sebelumnya kan pengacara RR dari pihak mereka juga kan, pihak Sambo. Justru setelah saya masuk kan aneh ada pemberitaan seolah-olah saya diutus dikirim oleh Sambo, ini bias," ungkap Erman.

"Oleh karena itu saya perlu menegaskan bahwa memang ada kesan seolah kantor Arman Hanis itu kebetulan, saya kebetulan presiden kongres advokat Indonesia, berkantor di Sarinah Thamrin," imbuh dia.

Erman menerangkan kantornya dan kantor Arman Hanis memang berada di satu area. Namun dirinya tak mengenal dekat Arman Hanis.

"Kebetulan Arman Hanis itu kantornya di situ juga, tapi saya kan nggak kenal, karena pernah mungkin pernah suatu saat setahun yang lalu pernah kenal waktu itu aja tapi saya nggak ada hubungan. Itu perlu saya klarifikasi supaya jangan masyarakat menganggap ini bagian dari strategi Sambo, nggak ada," tambahnya.

Berkas Perkara Lengkap

Kejaksaan Agung (Kejagung) menyatakan berkas perkara dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat dengan tersangka Ferdy Sambo dkk telah lengkap. Ferdy Sambo dkk segera disidang.

"Persyaratan formil dan materiil telah terpenuhi sebagaimana ditentukan di dalam KUHAP," kata Jampidum Kejagung Fadil Zumhana di Kejagung, Rabu (28/9).

"Penyidik menyerahkan ke jaksa untuk disidangkan," sambungnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT