Desmond Emosi Saat Uji Calon Anggota Komnas HAM: Timsel Langgar Tatib!

ADVERTISEMENT

Desmond Emosi Saat Uji Calon Anggota Komnas HAM: Timsel Langgar Tatib!

Nahda Utami - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 10:41 WIB
Uji kelayakan calon anggota Komnas HAM di Komisi III DPR (Nahda-detikcom)
Foto: Uji kelayakan calon anggota Komnas HAM di Komisi III DPR (Nahda-detikcom)
Jakarta -

Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kepada 14 calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027. Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa marah di tengah uji kelayakan.

Awalnya, calon Anggota Komnas HAM Amiruddin memaparkan visi dan misinya. Amiruddin merupakan calon petahana. Dia masih menjabat sebagai Anggota Komnas HAM 2017-2022.

"Bagaimana kita bersama semua elemen bangsa bisa mewujudkan Indonesia yang ramah dan peduli terhadap hak asasi manusia baik dalam kehidupan masyarakat maupun dalam penyelenggaraan negara," kata Amiruddin di ruang Komisi III DPR RI, Jumat (30/9/2022).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa kemudian merespons pemaparan itu. Desmond menyebut uji kelayakan calon anggota Komnas HAM kali ini merupakan yang terburuk.

"Proper hari ini adalah proper yang paling buruk," ujar Desmond.

Desmond menyebut Komnas HAM telah membentuk tim seleksi (timsel) yang cacat. Desmond menyebut timsel calon anggota Komnas HAM telah melanggar tata tertib.

"Kenapa? Saudara calon adalah hari ini adalah masih sebagai Komisioner Komnas HAM. Catatan kami, komisioner Komnas HAM telah memproduk timsel yang cacat karena pelanggaran tatib," ucap Desmond.

Desmond mengatakan timsel calon anggota Komnas HAM tidak pernah lengkap saat datang ke Komisi III DPR. Menurutnya, Komisi III DPR tidak perlu menindaklanjuti uji kelayakan yang digelar hari ini.

"Yang kedua, timsel yang dibentuk tidak pernah lengkap datang ke Komisi III seperti yang seharusnya dilakukan pada saat ketua timselnya Pak Jimly di periode Komnas HAM yang lalu," ujarnya.

"Seharusnya Komisi III tidak menindaklanjuti proper ini," sambungnya.

Desmond menyebut Amiruddin merupakan bagian dari pihak yang membentuk timsel Komnas HAM. Desmond mengatakan hal tersebut harus menjadi catatan bagi anggota Komisi III DPR.

"Saudara calon adalah bagian yang memproduk timsel yang cacat. Ini catatan untuk Bapak Ibu anggota Dewan. Catatan bagi Bapak anggota Dewan," ucapnya.

Simak juga 'Alasan Waka Baleg Surati Jokowi Sebut Nadiem Lecehkan DPR-Presiden':

[Gambas:Video 20detik]



(nhd/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT