Dorong Kesetaraan, Waket MPR Minta Hak Penyandang Disabilitas Dipenuhi

ADVERTISEMENT

Dorong Kesetaraan, Waket MPR Minta Hak Penyandang Disabilitas Dipenuhi

Erika Dyah - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 17:05 WIB
MPR
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong pemerintah memperkuat pengawasan dan pengarusutamaan hak penyandang disabilitas serta kelompok rentan lainnya. Menurutnya, hal ini termasuk upaya memajukan penegakan HAM di Indonesia.

"Para pemangku kepentingan harus mendorong pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas terpenuhi, demi mewujudkan prinsip kesetaraan bagi setiap warga negara di Indonesia," kata Lestari dalam keterangannya, Kamis (29/9/2022).

Perempuan yang akrab disapa Rerie ini menilai perlunya pengawasan yang baik dari pemangku kepentingan untuk mempercepat realisasi hak-hak penyandang disabilitas di ruang publik. Hal ini ia sampaikan saat menerima kunjungan Forum Masyarakat Pemantau untuk Indonesia Inklusif Disabilitas (Formasi) Disabilitas terkait pengajuan aspirasi untuk pencalonan Hari Kurniawan sebagai Komisioner Komnas HAM.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Komisi III dari Fraksi Partai NasDem, Eva Yuliana mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Formasi Disabilitas untuk menitipkan aspirasinya kepada Fraksi Partai NasDem.

Eva berharap Hari Kurniawan bisa mempersiapkan diri dengan baik agar mampu berkompetisi dengan 14 calon komisioner Komnas HAM lainnya. Pasalnya, Hari akan menghadapi uji kepatutan dan kelayakan yang akan dilaksanakan Komisi III DPR pada Jumat, 30 September 2022 besok.

Sementara itu, Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah, Atang Irawan berpendapat DPR harus memperhatikan kebijakan yang bersifat afirmasi terhadap penentuan jabatan komisioner Komnas HAM. Khususnya dalam rangka memberi ruang yang sama kepada seluruh warga negara Indonesia untuk menegakkan dan perlindungan HAM.

Atang menjelaskan penegakan HAM bagi penyandang disabilitas penting untuk direalisasikan secara konsisten. Sebab penyandang disabilitas kerap kali rentan dilanggar hak-haknya di area publik.

Ia mencontohkan setiap fasilitas publik seharusnya memiliki ruang kebijakan untuk penyandang disabilitas. Namun pada praktiknya hak-hak tersebut belum sepenuhnya terpenuhi.

Ia berharap dengan hadirnya Hari Kurniawan sebagai wakil penyandang disabilitas dalam jajaran komisioner Komnas HAM, ke depannya tantangan perlindungan dan penegakan hak-hak penyandang disabilitas yang belum sepenuhnya terpenuhi bisa terjawab.

Sebagai informasi, pertemuan ini turut dihadiri oleh Koordinator Formasi Disabilitas Regional Jakarta, Ilma Rivai; Pengacara sekaligus aktivis disabilitas, Hari Kurniawan; Formasi Disabilitas, Angga Yanuar; Koordinator Formasi Disabilitas Regional Jawa Tengah, Ahmad Hari Yulianto; Indonesia Deft and Hurt of Hearing Law and Advocacy/Idhola, Alkas dan Panji; Staf Khusus Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Lutfi Mutty; serta Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Anggiasari Puji Aryatie.

Lihat juga video 'Ini Program Pemerintah yang Bantu Disabilitas untuk Perlindungan Sosial':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT