ADVERTISEMENT

Pesawat Tempur Bolak-balik Terbang di Langit Jakarta Pagi Ini, Ada Apa?

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 09:41 WIB
Pesawat Tempur F-16 TNI AU dan Helikopter gabungan milik TNI-Polri terbang melintas di atas Monas saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Monas,  Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022).
Ilustrasi manuver pesawat tempur (Foto: Pradita Utama-detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pesawat tempur terlihat bolak balik terbang di langit Jakarta pagi ini. Ada apa ya?

Pantauan detikcom di Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2022), ada satu pesawat tempur yang terbang dari arah selatan menuju utara sekitar pukul 09.00 WIB. Tak lama kemudian pesawat lain juga ikut menyusul.

Selain itu, sejumlah pengguna media sosial juga membagikan cuitan tentang pesawat tempur terdengar dan terlihat di langit Jakarta Pusat. Ada juga pengguna media sosial yang membagikan video manuver pesawat tempur saat melintas di langit Jakpus.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah mengatakan pesawat tempur itu terbang dalam rangka gladi untuk demo udara HUT ke-77 TNI pada 5 Oktober nanti. Demo udara itu akan dilakukan di atas Istana Merdeka.

Indan mengatakan pesawat serta helikopter yang bakal mengikuti demo udara telah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada Kamis (29/9).

"Kedatangan sejumlah alutsista TNI ini ditinjau Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo SE, MPP, CSFA, dan sejumlah pejabat utama TNI AU di Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma," ujarnya.

Dia mengatakan demo udara yang akan ditampilkan meliputi flypast dan formasi bomburst oleh delapan Pesawat F-16 Figting Falcon gabungan Skadron Udara 16, Skadron Udara 14 dan Skadron Udara 3 tepat di atas Istana Merdeka. Sementara, Pesawat KT-1 Wongbee akan memainkan sejumlah manuver udara khas Jupiter Aerobatic Team.

Selanjutnya, ada 12 Helikopter TNI yang terdiri dari dua unit EC-725 Caracal TNI AU, dua NAS 332 Super Puma TNI AU, empat AH-64E Apache TNI AD dan empat AS-565 MBE Panther TNI AL membawa Bendera Merah Putih dan Bendera Tri Matra ukuran raksasa (Giant Flaght) melintas di atas Istana Merdeka.

Simak juga 'Syarat Tinggi Badan Taruna Direvisi, Sampai Usia Berapa Tinggi Bisa Bertambah?':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT