KSAL Targetkan 5 Desember Markas Koarmada I Sudah Pindah ke Kepri

ADVERTISEMENT

KSAL Targetkan 5 Desember Markas Koarmada I Sudah Pindah ke Kepri

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 17:55 WIB
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

TNI AL berencana memindahkan Koarmada I ke Tanjung Uban, Kepulauan Riau (Kepri). Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyebut target rencana tersebut terealisasi pada 5 Desember mendatang.

"Nanti saya tetapkan pada HUT Armada tanggal 5 Desember, nanti sudah melaksanakan Hari Armada di sana," kata Yudo di Markas Koarmada I, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Selain pemindahan Markas Koarmada I, TNI AL akan menggeser Markas Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV dari Tanjungpinang ke Batam, dan Pangkalan TNI AL (Lanal) Batam bergeser ke Tanjung Uban.

Kemudian, lanjut Yudo, pembangunan sarana dan prasarana yang ada di markas baru tersebut akan dilakukan secara bertahap. Kendati demikian, Yudo menyebut keberadaan fasilitas di sana sudah terbilang cukup untuk kebutuhan prajurit.

"Sarana dan prasarana kita laksanakan secara bertahap tentunya. Di sana sudah ada sarana dan prasarana untuk messing prajurit, kemudian keperluan prajurit tidak mengubah dari yang sudah ada di Lantamal IV," ujarnya.

"Saya kira kemarin sudah kita hitung kebutuhannya. Jadi untuk Armada I pindah ke sana untuk sarana dan prasarananya cukup," imbuh dia.

Dia menuturkan, untuk menunjang kegiatan operasional pasukan, Yudo berencana melakukan perbaikan gedung-gedung yang dinilai kurang layak jika difungsikan.

"Tentunya nanti tinggal mengubah ataupun renov saja. Gedung-gedung yang mungkin sudah kurang layak kita renov. Tapi secara administrasi kemarin sudah kita gelar di sana," imbuh Yudo.

Sementara itu, Yudo menuturkan, Markas Koarmada I yang berada di Jakarta akan ditempati Koarmada RI, yang sebelumnya berlokasi di samping Markas Koarmada I.

"Koarmada RI nanti di sini (Markas Koarmada I). Jadi Koarmada RI yang di gedung sebelah itu nanti kita tempatkan di Jakarta, di Koarmada I," pungkasnya.

Lihat juga video 'Jokowi Teken Perpres Perjanjian FIR, Ruang Udara Kepri Kembali ke RI':

[Gambas:Video 20detik]



(aud/aud)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT