Saat Jokowi Geleng-geleng Lihat Pejabat Pamer Liburan ke Luar Negeri

ADVERTISEMENT

Saat Jokowi Geleng-geleng Lihat Pejabat Pamer Liburan ke Luar Negeri

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 21:06 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap keresahannya soal banyak orang, khususnya pejabat, pamer liburan di luar negeri. Kondisi tersebut membuat Jokowi sampai geleng-geleng kepala.

"Kenapa dalam situasi krisis global seperti ini malah berbondong-bondong ke luar negeri dipamer-pamerin di Instagram. Apalagi pejabat," ucap Jokowi dalam mimbar pengarahan jajaran pemerintah daerah, di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Jokowi berhenti bicara untuk beberapa detik. Di momen itu, Jokowi menggeleng-gelengkan kepala.

Jokowi menyampaikan, dia banyak diundang untuk pergi ke luar negeri. Namun dia hanya memilih satu atau dua undangan yang dianggap penting.

"Saya diundang ke luar negeri mungkin setahun lebih dari 20 undangan. Saya yang datang dua atau tiga. Saya betul-betul saya rem. Ini ada manfaatnya konkret nggak, sih," kata Jokowi.

Menurutnya, pergi ke luar negeri mengeluarkan biaya. Maka, pejabat negara seharusnya mengerem pergi ke luar negeri seperti yang Jokowi lakukan.

"Karena kita juga keluar uang ke luar itu. Hal-hal seperti itu rem. Rakyat juga beri tahu, gunakan untuk wisata di dalam negeri saja," katanya.

Jokowi Minta Gubernur Ajak Warga Wisata di Dalam Negeri

Presiden Jokowi mengarahkan kepala daerah agar mengajak masyarakatnya berwisata di dalam negeri. Jokowi tidak ingin cadangan devisa lari ke luar negeri.

"Ajak masyarakat kita, kita bisa defisit ini wisata kita. Yang datang ke sini belum banyak. Yang keluar malah banyak sekali. Hati-hati, devisa kita bisa lari lagi," kata Jokowi.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT