Jokowi di Depan Menteri hingga Gubernur: Pusat dan Daerah Harus Kompak!

ADVERTISEMENT

Jokowi di Depan Menteri hingga Gubernur: Pusat dan Daerah Harus Kompak!

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 14:55 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Jokowi memperingatkan para kepala daerah akan gelapnya situasi ekonomi tahun depan. Inflasi adalah momok dunia, termasuk Indonesia. Untuk menghadapi momok itu, semuanya harus bersatu.

"Oleh sebab itu, kita harus kompak, harus bersatu dari pusat, provinsi, kabupaten, kota, sampai ke bawah," kata Jokowi dari mimbar pengarahan jajaran pemerintah daerah, di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Inflasi sudah semakin menjadi-jadi. Angka inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa secara umum biasanya berkisar 1% saja. Kini, angka itu seudah meningkat menjadi 8%, bahkan 80& di lima negara.

Indonesia bisa menghadapi itu asalkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat kompak. Kekompakan saat menghadapi pandemi COVID-19 harus dipertahankan untuk menghadapi momok inflasi.

"Semua kementerian/lembaga seperti saat kita kemarin menangani COVID. Kalau COVID kita menangani bersama, urusan inflasi ini kita juga harus menangani bersama-sama. Setuju?" kata Jokowi.

"Setuju!" jawab para kepala daerah dan para menteri.

Gelapnya tahun 2023 disebut Jokowi karena inflasi dan juga pengaruh perang Rusia di Ukraina yang tak kunjung selesai. Kondisi terbaru yakni referendum di bagian Ukraina malah tambah bikin ruwet situasi.

"Tahun ini sulit dan tahun depan sekali lagi saya sampaikan, akan gelap," kata dia.

Simak video 'Jokowi Beri Arahan ke Pejabat Negara':

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT