Penampakan Halte TransJ yang Diprotes JJ Rizal Halangi Patung Selamat Datang

ADVERTISEMENT

Penampakan Halte TransJ yang Diprotes JJ Rizal Halangi Patung Selamat Datang

Adrial Akbar - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 19:22 WIB
Penampakan Halte TransJ yang Diprotes JJ Rizal Halangi Patung Selamat Datang
Penampakan Halte TransJ yang Diprotes JJ Rizal Halangi Patung Selamat Datang (Adrial Akbar/detikcom)
Jakarta -

Pembangunan halte TransJakarta di Bundaran HI diprotes sejarawan JJ Rizal. Ia protes karena pembangunan halte TransJakarta itu dianggap menghalangi Patung Selamat Datang.

detikcom mendatangi halte TransJakarta yang dimaksud JJ Rizal. Terlihat halte tersebut masih dalam proses pembangunan. Halte itu tampak menghalangi Patung Selamat Datang di Bundaran HI.

Patung Selamat Datang dapat terlihat secara utuh bila sudah melewati halte TransJakarta yang sedang dibangun. Hotel Indonesia juga turut terhalang dengan pembangunan halte ini.

Penampakan Halte TransJ yang Diprotes JJ Rizal Halangi Patung Selamat DatangPenampakan Halte TransJ yang Diprotes JJ Rizal Halangi Patung Selamat Datang. (Adrial Akbar/detikcom)

Pembangunan halte itu masih berlanjut. Beberapa pekerja terlihat masih sibuk bekerja. Sedangkan beberapa alat berat terlihat berada di lokasi.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanan perjalanan anda sedang berlangsung Pekerjaan Revitalisasi Halte TransJakarta," demikian tertulis dalam spanduk yang terpasang, seperti dilihat, di lokasi, Kamis (29/9/2022).

Sebelumnya diberitakan, Sejarawan JJ Rizal mengkritik pembangunan halte TransJakarta Bundaran HI karena dianggap menutupi Patung Selamat Datang.

"Pak Gubernur Anies Baswedan, mohon setop pembangunan Halte Transjakarta Tosari-Bundaran HI yang merusak pandangan ke Patung Selamat Datang dan Henk Ngantung Fontein warisan Presiden Sukarno dengan Gubernur Henk Ngantung sebagai poros penanda perubahan ibu kota kolonial ke ibu kota nasional," kata JJ Rizal dalam cuitan di akun Twitternya. Ia mengizinkan detikcom mengutipnya.

Dia berharap PT TransJakarta turut menjaga arsitektur-arsitektur bersejarah itu karena hal itu adalah inspirasi kota dan warisan berharga. Dia menyebut pembangunan halte itu sebagai proyek arogan.

"Sekali lagi mohon Pak Gubernur Anies Baswedan setop pembangunan halte PT Transjakarta yang arogan di kawasan cagar budaya penanda sejarah perubahan kota kolonial jadi kota nasional warisan Sukarno, jangan biarkan halte-halte itu jadi noda di buku sejarah masa pemerintahan bapak yang kaya prestasi," katanya.

Lihat juga Video: Daftar 11 Halte TransJakarta yang Ditutup Sementara Mulai Hari Ini!

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT